Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Erdogan Ancam Pihak-Pihak Yang Ganggu Kapal Turki Di Mediterania Timur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 17 Juni 2019, 05:33 WIB
Erdogan Ancam Pihak-Pihak Yang Ganggu Kapal Turki Di Mediterania Timur
Recep Tayyip Erdogan/Net
rmol news logo Angkatan Bersenjata Turki baik laut maupun udara siap menggempur siapapun yang mengganggu kapal-kapal Turki yang berlayar di Laut Mediterania Timur.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu disampaikan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, menyusul ketegangan di kawasan itu karena perselisihan ladang gas.

"Siapapun yang berniat buruk terhadap kapal-kapal kita di Mediterania Timur harus tahu, bahwa ada angkatan bersenjata laut dan udara kami yang siap melindunginya," ujar Erdogan dalam Pertemuan Majelis Umum Dewan Eksportir Turki, seperti dilansir dari Russia Today, Senin (17/6).

Menurut Erdogan, ada informasi yang dikeluarkan oleh sejumlah pejabat Republik Siprus. Informasi itu berisi tentang seruan untuk menangkap awal kapal Turki yang berlayar di Mediterania Timur.

"Mereka tidak akan berhasil mewujudkan niat itu," tegas Erdogan.

"Kami memilih jalur perjuangan untuk kepentingan kami, dan bukan diam melihat situasi yang terjadi di sekitar," imbuh Ketua Partai AK itu.

Polemik ini bermula pada tanggal 4 Mei 2019 lalu. Saat itu, Turki mengumumkan eksplorasi gas di kawasan Mediterania, atas izin dari Republik Siprus Utara.

Hal itu memancing reaksi dari Republik Siprus, karena wilayah yang akan dieksplorasi termasuk juga zona ekonomi ekslusifnya.

Langkah Turki itu kemudian juga mendapat kecaman dari sejumlah negara seperti Yunani, Uni Eropa, Amerika Serikat hingga Mesir. Namun demikian, Ankara tetap akan melanjutkan misinya itu bahkan telah mengirim kapal eksplorasi ke wilayah tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA