Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pekan Ini, Presiden China Kunjungi Korea Utara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 18 Juni 2019, 02:02 WIB
Pekan Ini, Presiden China Kunjungi Korea Utara
Xi Jinping/Net
rmol news logo Presiden China Xi Jinping dijadwalkan akan berkunjung ke Korea Utara pada pekan ini. Kunjungan ini adalah yang pertama kali dilakukan Presiden China sejak satu dekade terakhir.

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (18/6), Xi akan berada di Ibukota Korut, Pyongyang pada hari Kamis dan Jumat pekan ini. Kunjungan kenegaraan itu dilakukan atas undangan dari Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un

"Kedua pihak akan saling bertukar pandangan terkait situasi di Semenanjung Korea, serta akan meningkatkan progres baru terkait resolusi perpolitikan di kawasan itu," sebut saluran televisi China, CCTV seperti diberitakan ulang oleh CNA.

Dalam satu tahun terakhir, hubungan China dan Korea Utara tampak kian membaik. Sebelumnya, hubungan keduanya sempat memburuk menyusul keputusan China mendukung serangkaian sanksi PBB terhadap Korea Utara akibat program nuklir yang dijalankan.

Bahkan, Pemimpin Korea Utara Kim juga telah empat kali mengunjungi China dalam satu tahun terakhir.

Sementara itu, kunjungan Xi kali ini bertepatan dengan peringatan ke-70 tahun hubungan diplomatik antara China dan Korea Utara. Presiden China terakhir yang berkunjung ke Pyongyang adalah mendiang Presiden Hu Jintao pada tahun 2005 silam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA