Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Iran: Sikap MBS Soal Serangan Kapal Tanker Perburuk Ketegangan Regional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 18 Juni 2019, 06:57 WIB
Iran: Sikap MBS Soal Serangan Kapal Tanker Perburuk Ketegangan Regional
Kapal tanker yang diserang dan terbakar di teluk/Net
rmol news logo Iran menuduh saingan regional utamanya, Arab Saudi mengadopsi pendekatan militeristis, berbasis krisis karena menuduh Teheran berada di belakang serangan terhadap dua kapal tanker komersial di dekat Selat Hormuz pekan lalu.

Diketahui bahwa Putra Mahkota Arab Saydi Mohammed bin Salman atau biasa disebut dengan akronim MBS, meminta masyarakat internasional untuk mengambil sikap tegas atas serangan dua kapal tanker yang terjadi. Namun dia menekankan bahwa Arab Saydi tidak menginginkan perang di kawasan.

"Tetapi kami tidak akan ragu untuk menangani ancaman apa pun terhadap orang-orang kami, kedaulatan kami, integritas wilayah kami dan kepentingan vital kami," kata MBS kepada surat kabar milik Saudi, Asharq al-Awsat.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi menilai, sikap yang diambil MBS mencerminkan kebijakan yang salah karena justru meningkatkan ketegangan regional. Hal tesebut menyebabkan lonjakan harga minyak dan kekhawatiran tentang konflik di wilayah tersebut.

"Tuduhan Salman terhadap Iran dalam berbagai situasi adalah kelanjutan dari pendekatan Riyadh yang salah arah dan upaya untuk melarikan diri dari masalah yang disebabkan oleh kebijakan mereka sendiri yang salah," kata Mousavi, seperti dimuat Al Jazeera (Senin, 18/6).

"Arab Saudi telah mencurahkan kekayaan rakyat dan negara-negara di kawasan itu dengan kurangnya pemahaman yang baik tentang variabel-variabel kawasan dengan pendekatan militeristik, berbasis krisis," tambahnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA