Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

ASEAN: Prioritaskan Hak Dan Keamanan Rohingya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 19 Juni 2019, 16:48 WIB
ASEAN: Prioritaskan Hak Dan Keamanan Rohingya
Foto: Net
rmol news logo Pemerintah Myanmar harus memastikan hak asasi komunitas Rohingya dilindungi dan dihormati sehingga tempat aman seharusnya di negara bagian Rakhine sebelum para pengungsi dipulangkan dari Bangladesh.

Demikian pernyataan Parlemen HAM ASEAN,  The Asian Forum for Human Rights and Development (FORUM-ASIA) dan Progressive Voice, Rabu (19/6P).

Organisasi tersebut menyerukan para pemimpin negara Asia Tenggara memmpersiapkan pertemuan di Bangkok, Thailand untuk 34th ASEAN Summit, 20-23 Juni 2019.

Awal bulan ini, salinan bocoran 'kebutuhan penilaian awal' di negara bagian Rakhine yang dibawa oleh badan ASEAN gagal untuk mengakui kekejaman militer Myanmar dan pelanggaran HAM yang sedang berlangsung terhadap etnis Rohingya.

"ASEAN perlu berhenti menutup mata terhadap kekejaman Myanmar terhadap Rohingya, dan berhenti memberikan legitimasi pada proses repatriasi. Kita semua tahu populasi Rohingya di Bangladesh dan di tempat lain tidak akan pulang dengan sukarela sampai situasi di tanah di negara bagian Rakhine berubah secara dramatis," kata anggota Parlemen HAM ASEAN yang legislator DPR RI, Eva Kusuma Sundari.

Eva menegaskan, pergeseran politik besar diperlukan agar segala sesuatu mulai bergerak ke arah yang benar.

"Tidak ada satu pun yang diidentifikasi oleh Rohingya sebagai prasyarat untuk kepulangan mereka, dan yang telah digemakan oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia dan para ahli lainnya, telah diambil dengan serius oleh otoritas Myanmar," terangnya.

Lebih dari 700 ribu Rohingya melarikan diri dari Myanmar ke Bangladesh setelah militer Myanmar menjalankan 'operasi pembersihan' ganas di Agustus 2017, membunuh ribuan orang dan membakar rata desa-desa.

Sebuah misi pencarian fakta yang diamanatkan PBB pada September 2018 menyerukan petinggi militer Myanmar untuk diselidiki dan dituntut karena genosida, kejahatan kemanusiaan dan kejahatan perang.

Pada 7 Juni 2019, salinan "Kebutuhan Awal ASEAN untuk Repatriasi di negara bagian Rakhine" yang dilaporkan  Pusat Koordinasi ASEAN untuk Kemanusiaan dan Manajemen Bencana (AHA Center) dan Emergency Response and Assessment Team (ASEAN-ERAT) bocor ke media.

Rancangan laporan itu mengabaikan akar penyebab ratusan ribu Rohingya terpaksa meninggalkan rumah mereka, termasuk kekejaman yang dilakukan oleh pasukan keamanan Myanmar dan proxy mereka serta diskriminasi yang dilembagakan yang diberlakukan oleh otoritas Myanmar terhadap minoritas di negara bagian Rakhine selama beberapa dekade.

“Kecuali jika langkah konkret menuju pertanggungjawaban internasional atas genosida, kejahatan terhadap kemanusiaan dan kejahatan perang dilakukan, impunitas yang berkelanjutan hanya akan membuat militer Myanmar berani melakukan lebih banyak kekejaman seperti itu, dan setiap pengungsi yang kembali akan rentan terhadap kekerasan yang sama yang menyebabkan mereka melarikan diri di tempat pertama; ini seperti mengirim mereka kembali ke ladang pembunuhan untuk dijadikan korban kembali," kata Ketua Dewan Penasihat Progresive Voice, Khin Ohmar.

Bentrokan antara pasukan keamanan Myanmar dan organisasi bersenjata etnis Angkatan Darat Arakan telah mengungsikan setidaknya 30 ribu orang sejak awal tahun, yang semakin menggarisbawahi kerawanan situasi di negara bagian Rakhine.

ASEAN harus mengambil langkah-langkah yang berarti menuju pemajuan dan perlindungan hak-hak komunitas Rohingya, termasuk  pengakuan identitas, mengembalikan kewarganegaraan penuh mereka, dan memastikan partisipasi mereka dalam semua keputusan.

“ASEAN sejauh ini tetap diam memalukan dalam menghadapi pelanggaran hak asasi manusia yang serius yang terjadi di salah satu negara anggota. Dengan ulang tahun kedua 'operasi pembersihan' militer Myanmar terbaru yang mendekat, kelambanan ASEAN yang berlanjut akan mengirimkan sinyal berbahaya bahwa blok itu tidak peduli dengan keadaan buruk Rohingya dan bahwa pelanggaran HAM dapat dilakukan dengan impunitas," kata Direktur Eksekutif FORUM-ASIA, John Samuel.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA