Bertemu Xi Jinping, Kim Jong Un Tegas Jaga Komitmen Demi Perdamaian Semenanjung

Kamis, 20 Juni 2019, 23:47 WIB
Laporan: Amelia Fitriani

Kim Jong Un dan Xi Jinping/Net

Korea Utara konsisten untuk menyelesaikan masalah di Semenajung Korea. Hal itu ditegaskan oleh pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada Kamis (20/6), dalam pertemuan puncak dengan Presiden China Xi Jinping.

Kim mengatakan kepada Xi bahwa Korea Utara telah mengambil banyak langkah positif untuk menghindari situasi yang tegang selama setahun terakhir. Namun belum menerima tanggapan positif dari pihak-pihak yang relevan.

"Selama setahun terakhir, Korea Utara telah mengambil langkah-langkah aktif untuk meredakan ketegangan, tetapi gagal menarik tanggapan aktif dari negara terkait. Ini bukan yang ingin saya lihat," kata Kim seperti dikutip oleh media pemerintah China, CCTV .

Kim mengatakan bahwa Korea Utara akan mempertahankan komitmen dalam upaya untuk mencari solusi di kawasan.

"Korea Utara akan menjaga kesabaran," kata Kim.

"Saya berharap negara yang relevan akan melihat Korea Utara berhadapan muka dan membahas masalah kepentingan masing-masing untuk menyelesaikan masalah Semenanjung Korea," tegasnya.

Menanggapi pernyataan tersebut, Xi berjanji untuk memainkan peran aktif dalam mewujudkan denuklirisasi Semenanjung Korea dan menyuarakan dukungannya untuk resolusi politik di semenanjung.

Xi juga menegaskan bahwa China akan membantu mengatasi masalah keamanan Korea Utara.

"China akan menyediakan setiap kemungkinan dukungan bagi Korea Utara untuk mengatasi masalah keamanan dan pembangunan yang menjadi perhatian wajar," kata Xi, seperti dimuat Channel News Asia.

Kolom Komentar


Video

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

Sabtu, 09 November 2019
Video

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

Senin, 11 November 2019
Video

Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

Selasa, 12 November 2019