Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Sepucuk Surat, PM India Jelaskan Kunci Perbaikan Hubungan Dengan Pakistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 21 Juni 2019, 01:00 WIB
Lewat Sepucuk Surat, PM India Jelaskan Kunci Perbaikan Hubungan Dengan Pakistan
PM India Narendra Modi/Net
rmol news logo Perdana Menteri India Narendra Modi menegaskan kepada Perdana Menteri Pakistan Imran Khan, bahwa kunci dari perbaikan hubungan kedua negara tetangga adalah kepercayaan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pernyataan itu dituangkan Modi dalam sepucuk surat kepada Khan (Kamis, 20/6). Dalam surat tersebut, Modi menegaskan, lingkungan kepercayaan yang bebas dari teror, kekerasan, dan permusuhan merupakan hal yang diperlukan untuk memperbaiki hubungan dengan Pakistan yang memburuk sejak beberapa waktu terakhir.

Menurut keterangan yang dirilis oleh Kementerian Luar Negeri India, surat itu dikirim sebagai tanggapan atas pesan ucapan selamat oleh Perdana Menteri Pakistan Imran Khan atas kemenangan kembali Modi dalam pemilu di India.

"Sesuai dengan praktik diplomatik yang telah ditetapkan, Perdana Menteri telah menanggapi pesan ucapan selamat yang diterima dari rekan-rekan mereka di Pakistan," kata jurubicara Kementerian Luar Negeri India, Raveesh Kumar.

"Dalam pesan itu, mereka menyoroti bahwa India mencari hubungan normal dan kooperatif dengan semua tetangga, termasuk Pakistan," sambungnya, seperti dimuat Al Jazeera.

Ketegangan antara dua negara tetangga di Asia Selatan itu meningkat sejak Februari lalu, ketika sebuah kebuntuan militer terjadi di wilayah perbatasan. Kedua belah pihak kemudian terlibat dalam pertempuran udara.

India menuduh Pakistan mendukung kelompok-kelompok bersenjata yang menargetkan pasukan keamanan India di wilayah Kashmir yang disengketakan.

Sementara itu Pakistan membantah tuduhan itu dan menuduh India mengobarkan kerusuhan di provinsi Balochistan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA