Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mengenal Lebih Dekat Diplomasi Yoga Ala PM India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 21 Juni 2019, 23:44 WIB
Mengenal Lebih Dekat Diplomasi Yoga Ala PM India
Narendra Modi di perayaan Senam internasionsl/Net
rmol news logo Jika China punya diplomasi panda, India punya diplomasi yoga. Diplomasi yoga merupakan pendekatan internasional yang dilakukan oleh India melalui disiplin kuno yang mengakar pada masyarakat India, yakni yoga.

Perdana Menteri India Narendra Modi merupakan sosok yang punya peranan kuat dalam mendorong diplomasi yoga ke seluruh dunia. Tahun 2014 lalu saja, misalnya, Modi berhasil melobi PBB untuk menunjuk tanggal 21 Juni sebagai Hari Yoga Internasional.

Sejak itu, seperti halnya China di bawah Presiden Xi Jinping yang memberikan panda untuk dirawat di kebun binatang di sejumlah negara dalam balutan diplomasi panda, India melakukan hal serupa melalui diplomasi Yoga.

Pada hari Jumat (21/6) yang merupakan Hari Yoga Internasional tahunan kelima, Modi mempraktikkan berbagai yoga asana bersama dengan sekitar 30 ribu orang di negara bagian Jharkhand, India timur.

"Biarkan moto kita menjadi yoga untuk perdamaian, harmoni, dan kemajuan," kata Modi sebelum bergabung dengan latihan itu selama satu jam.

Di hari yang sama, menurut keterangan Kementerian Luar Negeri India (Jumat, 21/6), sebagian besar dari 191 kedutaan dan konsulat India di seluruh dunia menyelenggarakan sesi yoga untuk memperingati hari tersebut.

Pihak Kemenlu India membagikan foto-foto yoga flash mob di jalan-jalan Kiev, tikar yoga berwarna-warni di sekitar Triumphal Arch Brussels, salam berjemur di bawah Monumen Washington, ratusan pose doa duduk di Taman Tagansky Moskow dan lebih dari 500 orang mengenakan ponco transparan dan hitam yang identik celana di depan Yellow Crane Tower di Wuhan, China yang diguyur hujan.

Ekspor budaya melalui yoga ke seluruh dunia, membawa pengaruh positif dalam hubungan diplomatik India dengan negara lain. Mengutip Al Jazeera, pada sebuah acara untuk para diplomat di New Delhi yang menampilkan Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar, dutabesar Israel Ron Malka pernah mengatakan bahwa penggunaan yoga oleh Modi sebagai alat diplomasi bekerja cukup baik untuk memperkuat hubungan antara kedua negara. Selain dalam hubungan diplomastik, Modi jiga rupanya menggunakan yoga untuk meningkatkan citranya di dalam negeri.

Selain itu, menandai Hari Yoga Internasional di sebuah acara di ibu kota Jharkhand, Ranchi, Modi mengatakan bahwa dia bermaksud menjadikan yoga sebagai bagian integral dari kehidupan warga miskin.

"Kita harus membawa gerakan yoga ke tingkat berikutnya. Penyakit membuat orang miskin semakin miskin. Kita harus membawa yoga dari kota ke desa, ke hutan, ke orang miskin, dan Adivasis (masyarakat suku)," kata Modi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA