Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Warga Istanbul Memilih Ulang Walikota, Pengaruh Erdogan Dipertaruhkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 23 Juni 2019, 23:35 WIB
Warga Istanbul Memilih Ulang Walikota, Pengaruh Erdogan Dipertaruhkan
Presiden Turki Tayyip Erdogan/Net
RMOL Warga Istanbul Turki menggunakan hak suara mereka untuk memilih walikota baru pada akhir pekan ini (Minggu, 23/6).

Dikabarkan Al Jazeera, ini adalah pemilihan ulang yang dilakukan setelah kemenangan mendadak kandidat oposisi, Ekrem Imamoglu pada bulan Maret lalu dibatalkan.

Pada saat itu, secara mencengangkan dia berhasil mengantongi 13.000 suara. Hasil tersebut membuat Partai AK Turki yang berkuasa curiga ada penyimpangan yang terjadi.

Pemilihan walikota Istanbul yang diulang hari ini memunculkan Imamoglu yang berasal dari Partai Rakyat Republik sekuler dan walikota distrik Beylikduzu Istanbul.

Lawannya Binali Yildirim. Dia adalah anggota pendiri AKP Erdogan dan perdana menteri dari 2016 hingga 2018, ketika Turki menjadi negara demokrasi presidensial.

Istanbul merupakan basis suara yang penting bagi AKP dan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Betapa tidak, selain merupakan kota kelahirannya, Istanbul juga merupakan titik penting karir politik Erdogan. Dia terpilih sebagai walikota Istanbul pada tahun 1994.

Dia kemudian mendirikan AKP pada tahun 2001 dan menjabat sebagai perdana menteri antara tahun 2003 dan 2014. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.