Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Oposisi Hampir Pasti Rebut Kursi Walikota Istanbul, Kandidat Partai AK Akui Kekalahan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 23 Juni 2019, 23:59 WIB
Oposisi Hampir Pasti Rebut Kursi Walikota Istanbul, Kandidat Partai AK Akui Kekalahan
Turki/Net
RMOL Calon walikota dari Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) yang berkuasa, Binali Yildirim mengakui kekalahan setelah hasil awal menunjukkan oposisi memimpin pemungutan suara.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kantor berita Anadolu yang dikelola pemerintah mengabarkan, dengan lebih dari 95 persen suara dihitung, kandidat Partai Rakyat Republik (CHP) oposisi Ekrem Imamoglu memimpin dengan perolehan 53,69 persen suara, dibandingkan dengan 45,4 persen suara untuk calon dari Partai AK Yildirim.

"Menurut hasil sampai sekarang, pesaing saya Ekrem Imamoglu memimpin kompetisi. Saya mengucapkan selamat kepadanya dan mengucapkan semoga sukses," kata Yildirim.

Kemenangan CHP dalam pemilihan Istanbul mengakhiri kekuasaan 17 tahun oleh Partai AK di kota terbesar dan pusat komersial Turki tersebut.

Dikabarkan Al Jazeera, pemilihan kali ini merupakan pemilihan ulang. Pemilihan walikota Istanbul pertama kali diadakan pada 31 Maret lalu. Pada saat itu, Imamoglu mendapatkan 48,8 persen suara, sementara Yildirim dari Partai AK memegang 48,55 persen suara. Perolehan itu memenangkan Imamoglu dengan margin yang sangat tipis.

Partai AK kemudian menilai ada kecurangan yang terjadi dan menuntut Dewan Pemilihan Umum (YSK) untuk membatalkan hasil dan menjadwalkan ulang pemilu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.