Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

ASEAN Segera Ajukan Tawaran Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 24 Juni 2019, 00:48 WIB
ASEAN Segera Ajukan Tawaran Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034
ASEAN Summit di Bangkok/Net
rmol news logo Negara-negara Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN akan bersama-sama mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 2034.

Hal itu diumumkan oleh Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha setelah pertemuan antara para pemimpin ASEAN di Bangkok pada Minggu (23/6).

"Para pemimpin mendapat dukungan dari kawasan itu untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada 2034, jika memungkinkan," kata Prayuth dalam konferensi pers penutup KTT pertama tahun ini untuk 10 anggota ASEAN.

"Saya ingin mengundang orang-orang ASEAN untuk mendukung asosiasi sepak bola di negara mereka untuk mewujudkan impian ini," jelasnya, seperti dimuat Channel News Asia.

ASEAN yang terdiri dari Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam dan Brunei merupakan rumah bagi 640 juta orang.

Gagasan ASEAN menjadi tuan rumah Piala Dunia pertama kali diperdebatkan pada awal dekade ini. Para advokat mengatakan langkah itu dapat membantu meningkatkan profil dan integrasi kawasan.

Namun, para ahli mengatakan masih banyak yang harus dilakukan untuk memperbaiki rincian tentang bagaimana 10 negara harus melanjutkan penawaran, termasuk kemungkinan memasukkan satu tim regional yang terdiri dari pemain terbaik dari wilayah tersebut.

"Menjadi tuan rumah Piala Dunia akan meningkatkan posisi global ASEAN, dan untuk pertama kalinya sebuah blok antar pemerintah regional akan menjadi tuan rumah acara olahraga yang memiliki signifikansi seperti itu," kata pakar kebijakan publik di Universitas Chiang Mai, Fuadi Pitsuwan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA