Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kekalahan Partai AK Di Istanbul, Pukulan Telak Bagi Erdogan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 24 Juni 2019, 06:45 WIB
Kekalahan Partai AK Di Istanbul, Pukulan Telak Bagi Erdogan
Presiden Turki Tayyip Erdogan/Net
rmol news logo Kekalahan Partai AK (AKP) yang berkuasa dalam pemilu walikota Istanbul yang diulang akhir pekan kemarin (Minggu, 23/6) merupakan pukulan besar secara pribadi bagi Presiden Turki Tayyip Erdogan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Ini menandai awal dari berakhirnya kepresidenan gaya Turki dan menjadi sulit bagi mesin AKP untuk mempertahankan diri tanpa penggunaan sumber daya Istanbul yang korup," kata asisten profesor hubungan internasional Universitas Bilkent, Berk Esen, seperti dimuat Al Jazeera.

Hasil perhitungan awal menunjukkan, calon walikota dari oposisi, Partai Rakyat Republik (CHP), Ekrem Imamoglu mengantongi suara mayoritas. Imamoglu menyatakan kemenangan dalam pelaksanaan ulang pemilihan walikota Istanbul.

Imamoglu mengantongi 54 persen suara dengan hampir semua kotak suara dibuka pada hari Minggu (23/6). Sementara calon walikota Istanbul dari AKP, Binali Yildirim membuntuti dengan perolehan 45 persen suara.

Yildirim pun mengakui kekalahan setelah hasil awal menunjukkan dia akan kalah dengan selisih yang cukup jauh.

Proyeksi kemenangan CHP dalam pemilihan Istanbul mengakhiri kekuasaan 17 tahun oleh Partai AK di kota metropolitan tesebut.

Ini adalah kali kedua pemilihan walikota Istanbul digelar, setelah pada pemilihan Maret lalu, ketika Imamoglu mendapatkan 48,8 persen suara, sementara Yildirim hanya mengantongi 48,55 persen suara. AKzp menuding ada kecurangan dalam pelaksanaa pemilu.

AKP juga kemudian mengajukan keberatan atas hasilnya dan mendesak Dewan Pemilihan Umum (YSK) untuk membatalkan hasil serta menggelar pemilu ulang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA