Farah.ID
Farah.ID

Dituduh Makar, Otoritas Mesir Tangkap Aktivis Terkemuka Ini

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 26 Juni 2019, 01:45 WIB
Dituduh Makar, Otoritas Mesir Tangkap Aktivis Terkemuka Ini
Mesir/Net
Otoritas Mesir menangkap setidaknya delapan orang, termasuk aktivis terkemuka yang menjadi bagian dari pemberontakan tahun 2011 lalu. Mereka ditangkap karena dianggap memiliki rencana untuk menjatuhkan pemerintah.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa (25/6), Kementerian Dalam Negeri Mesir mengatakan bahwa Zyad Elelaimy yakni seorang mantan legislator dan anggota Partai Sosial Demokrat Mesir sekuler, ditahan bersama dengan tujuh orang lainnya.

Kementerian mengatakan, mereka yang ditangkap setia kepada Ikhwanul Muslimin, yang telah ditetapkan oleh Mesir sebagai kelompok teroris pada tahun 2013 lalu.

Pihak berwenang Mesir mengatakan, mereka juga mengidentifikasi dan menargetkan 19 perusahaan dan entitas ekonomi yang dijalankan melalui metode rahasia oleh para pemimpin Ikhwanul Muslimin.

Dikabarkan Al Jazeera, penangkapan itu mendapat penentangan dari Kelompok HAM Amnesty International. Kelompok itu menggambarkan Mesir sebagai penjara terbuka di mana tidak ada oposisi atau pelaporan independen yang diizinkan muncul.

ARTIKEL LAINNYA