Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Diharap Mampu Memetik Keuntungan Dari KTT G20 Di Osaka Plus Memperjuangan Kemerdekaan Palestina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 28 Juni 2019, 08:18 WIB
Indonesia Diharap Mampu Memetik Keuntungan Dari KTT G20 Di Osaka Plus Memperjuangan Kemerdekaan Palestina
Presiden Jokowi saat bertemu PM Singapura Lee Hsien Loong saat pleno KTT ke -34 Asean, di Bangkok. Thailand Sabtu Malam (22/6)/Istimewa 
rmol news logo Indonesia diharapkan mampu mendapatkan manfaat dari Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang akan berlangsung hari ini hingga besok di Osaka, Jepang.

Hal itu disampaikan Pengamat Timur Tengah, Yon Machmudi, saat dihubungi Kantor Berita RMOL, Kamis  (27/6).

"G20 sebagai wadah untuk memperkuat terutama kerjasama ekonomi, agar masing masing negara mendapatkan manfaat," ujar Ketua Prodi Pascasarjana Kajian Timur Tengah dan Islam Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (UI) ini.

Dia menambahkan, G20 membuka peluang setiap negara anggota mencapai kemajuan ekonomi melalui kerja sama investasi perdagangan.

Hal lain yang disampaikan Yon adalah kemungkinan KTT G20 akan membahas isu keamanan.

Dalam kaitan ini, diharapkan Presiden Joko Widodo bisa mengangkat isu kemerdekaan dan pembangunan ekonomi Palestina. Terutama yang terkait dengan New Deal of Century yang menurut Yon lebih menguntungkan Israel.

Juga mengaitkannya dengan isu-isu pasca konferensi ekonomi "Peace for Prosperity" di Manama, Bahrain, hari  Selasa lalu (25/6).

Palestina menolak kedua hal ini.

"(Jokowi) bisa menitipkan isu yang berkaitan dengan Palestina. Walaupun kita ketahui bahwa Saudi Arabia dengan Amerika dan negara-negara lain seperti Mesir dan Uni Emirat Arab sudah merancang semacam New Deal of Century yang ditawarkan yang pada hakekatnya menguntungkan Israel," tuturnya.

"Sementara posisi Indonesia tetap tidak mengakui Israel dan tidak mengakui Yerussalem sebagai bagian dari ibu kota Israel, paling tidak bisa menyampaikan posisi Indonesia, dan Saudi Arabia pada khususnya memberikan kontribusi yang ril ke dalam perdamaian Palestina yang lebih adil," tuturnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA