Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Alumni Maroko Mengukuhkan Nilai Washatiyah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 01 Juli 2019, 13:39 WIB
Alumni Maroko Mengukuhkan Nilai Washatiyah
Foto: Himami
rmol news logo Washatiyah (moderat) tidaklah berarti “abu-abu” dalam praktek dan sikap.

Demikian disampaikan Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Dr. Eka Putra Wirman dalam Orasi Ilmiah bertajuk “Diskursus Wasathiyah: Pengalaman Indonesia dan Maroko” di Graha Nurani Jakarta Selatan, Minggu (3/6).

Acara ini diiniasi Himpunan Alumni Maroko di Indonesia (Himami) dalam rangka Halal Bi Halal Idul Fitri 1440 H.

Lebih lanjut Eka menjabarkan bahwa Rasulullah SAW adalah menjadi contoh terbaik sepanjang masa dalam mempraktekkan nilai washatiyah. Dan washatiyah ala Rasulullah adalah excellent (sempurna) dalam akidah, ibadah serta mu’amalah.

Dalam kontek bernegara baik di Indonesia dan Maroko, menurut alumni Universitas Al-Qarawiyyin Maroko ini, kedua negara telah mampu mempertahankan nilai moderatisme di tengah kemajemukan etnis, suku dan agama.

Keutuhan Indonesia dibingkai oleh nilai washatiyah dalam lima sila (Pancasila). Sedangkan Maroko mempunyai tiga dasar utama keutuhan negaranya dan menjadi nilai perekat anak bangsanya yaitu Allah, Al-Wathan (Tanah Air) dan Al-Malik (Raja).

Dalam acara yang dihadiri mantan Dubes RI di Maroko Drs. Tosari Widjaja dan para anggota Himami tersebut juga dilakukan pengukuhan Pengurus HIMAMI masa khidmat 2019-2022 dengan ketua terpilihnya M. Ilyas Marwal.

Himami didirikan pada 30 Juni 2009 yang diumumkan secara resmi oleh Dubes Maroko di Indonesia saat itu H.E. Mohamed Majdi. Hingga kini telah memiliki lebih dari 200 anggota lulusan berbagai perguruan tinggi di Maroko baik tingkat sarjana, pascasarjana maupun doktoral. Alumni HIMAMI sendiri telah banyak yang berkiprah di berbagai institusi pemerintah ataupun swasta di tanah air.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA