Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Taiwan Dijadwalkan Bermalam Di AS, China Geram

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 02 Juli 2019, 00:48 WIB
Presiden Taiwan Dijadwalkan Bermalam Di AS, China Geram
Presiden Taiwan Tsai Ing Wen/Net
rmol news logo Presiden Taiwan Tsai Ing Wen tidak henti membuat geram China. Kali ini, Tsai direncanakan akan menghabiskan empat malam di Amerika Serikat pada bulan Juli ini.

Kunjungan Tsai ke Amerika Serikat akan dilakukan sebagai bagian dari rencana Tsai mengunjungi sekutu diplomatik, Karibia.

Wakil Menteri Luar Negeri Taiwan Miguel Tsao mengatakan, Tsai akan menghabiskan dua malam di Amerika Serikat sekali jalan selama perjalanannya ke St Vincent dan Grenadines, St Lucia, St Kitts dan Nevis, dan Haiti mulai 11 hingga 22 Juli mendatang.

Namun rincian bagian perjalanan Tsai ke Amerika Serikat itu sedang diselesaikan.

China geram dengan langkah Tsai tersebut. Bagi China, Taiwan yang memerintah sendiri hanyalah sebuah provinsi China tanpa hak untuk menjalin hubungan antar negara.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang mengatakan, China mendesak Amerika Serikat untuk tidak mengizinkan Tsai Ing Wen untuk transit.

"Dab secara hati-hati dan tepat menangani masalah terkait Taiwan, untuk menghindari kerusakan hubungan China-AS dan perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan,” kata Geg selerti dimuat Reuters (Senin, 1/7).

Dia menambahkan, China telah menyatakan keprihatinannya terhadap Amerika Serikat dan mengajukan keberatannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA