Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menhan Jerman Diusulkan Jadi Wanita Pertama Yang Pimpin Uni Eropa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 03 Juli 2019, 07:29 WIB
Menhan Jerman Diusulkan Jadi Wanita Pertama Yang Pimpin Uni Eropa
Ursula van der Leyen/Net
rmol news logo Para pemimpin Uni Eropa mengajukan nominasi sejumlah tokoh untuk mengisi lima jabatan utama di blok tersebut. Kelima jabatan top itu adalah Ketua Komisi Eropa, Kepala Bank Sentral Eropa, Presiden Dewan Eropa, Kepala Kebijakan Luar Negeri Eropa dan Ketua Parlemen Eropa.

Setelah perdebatan yang alot, dinominasikan nama untuk mengisi jabatan top di Uni Eropa itu, yakni Menteri Pertahanan Jerman, Ursula van der Leyen sebagai calon Ketua Komisi Eropa.

Dia menjadi wanita pertama yang diusulkan sebagai ketua Komisi Eropa.

Sementara itu, Kepala IMF Christine Lagarde juga telah dinominasikan sebagai wanita pertama yang mengepalai Bank Sentral Eropa (ECB).

Sedangkan Perdana Menteri liberal Belgia Charles Michel dicalonkan untuk menggantikan Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk sementara Josep Borrell dari Spanyol diusulkan sebagai kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa.

Kemudian, peran kunci kelima yakni jabatan presiden Parlemen Eropa masih belum ada nama yang ditempatkan. Pemilihan nominasibakan dilakukan hari ini (Rabu, 4/7).

"Kami telah menyetujui seluruh paket sebelum sesi pertama Parlemen Eropa," kata Tusk seperti dimuat BBC.

Dia mengatakan Jerman telah abstain atas pencalonan Von der Leyen atas masalah koalisi. Tetapi Kanselir Angela Merkel sendiri telah mendukungnya.

Sementara itu, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan pencalonan itu adalah buah dari perpaduan Perancis-Jerman yang dalam.

"Von der Leyen adalah kandidat yang sangat baik dan pilihan yang sangat baik untuk mengepalai Komisi Eropa," jelasnya seperti dimuat BBC. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA