Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

California Selatan Diguncang Gempa Bumi Terbesar Dalam Dua Dekade Terakhir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 05 Juli 2019, 07:41 WIB
California Selatan Diguncang Gempa Bumi Terbesar Dalam Dua Dekade Terakhir
Gempa bumi/Net
rmol news logo Gempa berkekuatan 6,4 skala richter mengguncang California Selatan pada Kamis (4/7).

Menurut US Geological Survey (USGS), gempa itu melanda wilayah di dekat kota Ridgecrest, yang terletak sekitar 175 km timur laut Los Angeles.

Belum jelas seberapa parah gempa merusak wilayah tersebut serta berapa banyak korban yang berjatuhan.

Namun, ahli seismologi USGS, Rob Graves mengatakan bahwa gempa bumi tersebut cukup besar sehingga goncangan dapat menyebabkan kerusakan.

Sementara itu, Departemen Pemadam Kebakaran Kabupaten Kern mengatakan di Twitter bahwa pihaknya sedang mengerjakan puluhan insiden yang melibatkan bantuan medis hingga struktur kebakaran di dan sekitar kota Ridgecrest pasca gempa terjadi.

Departemen Pemadam Kebakaran Kabupaten San Bernardino mengatakan bahwa bangunan dan jalan telah mengalami berbagai tingkat kerusakan. Namun tidak diperjelas soal seberapa parah kondisi tersebut.

"(Kerusakan termasuk) bangunan dengan retakan kecil, saluran air putus, kabel listrik turun, batu longsor di jalan-jalan tertentu," kaya Bernardio, seperti dimuat Al Jazeera.

Menangapi bencana tersebut, Walikota Ridgecrest Peggy Breedon mengatakan bahwa kota tesebut saat ini berurusan dengan kebakaran dan saluran gas yang terputus pasca gempa, pasalnya gempa susulan masih terus terjadi.

"Kami terbiasa dengan gempa bumi tetapi kami tidak terbiasa dengan signifikansi ini," katanya.

Gempa itu adalah yang terbesar di California Selatan sejak gempa Northridge berkekuatan 6,6 skala Richter 1994, yang berpusat di daerah padat penduduk Los Angeles dan menyebabkan kerusakan siginifikan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA