Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Babylon Irak Resmi Masuk Daftar Warisan Dunia UNESCO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Sabtu, 06 Juli 2019, 03:09 WIB
Babylon Irak Resmi Masuk Daftar Warisan Dunia UNESCO
Irak/Net
rmol news logo Kota kuno Babylon atau Babel resmi masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO. Keputusan tersebut diambil pada hari Jumat (6/7), ketika Komite badan Warisan Dunia UNESCO menggelar pemungutan suara. Keputusan ini diambil setelah upaya lobi yang dilakukan Irak selama tiga dasawarsa.

Sejak tahun 1983, Irak diketahui telah berusaha agar kompleks seluas 10 km persegi yang baru digali sejauh 18 persen itu dapat diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Kota metropolitan Babylonia di Mesopotamia diketahui mengangkangi Sungai Efrat Irak, Terletak di sekitar 100 kilometer selatan Baghdad, kota ini adalah pusat kerajaan Babilonia kuno lebih dari 4.000 tahun yang lalu.

"Apa daftar warisan dunia tanpa Babylon? Bagaimana cara memberitahu sejarah kemanusiaan tanpa bab-bab terdahulu, Babylon?" kata perwakilan Irak kepada Komite Warisan Dunia UNESCO sebelum pemungutan suara (Jumat, 5/7).

Panitia UNESCO sendiri bertemu di ibukota Azerbaijan, Baku untuk mempertimbangkan Babylon dan 34 situs lainnya, termasuk situs-situs di Brazil dan Burkina Faso, untuk masuk dalam Daftar Warisan Dunia.

"Babylon adalah kota berpenduduk terbesar dalam sejarah kuno," kata Qahtan al-Abeed, yang mengepalai Departemen Barang Antik Basra dan memimpin upaya untuk mendaftarkan situs itu dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

"Orang Babylon adalah peradaban penulisan, administrasi, dan sains," sambungnya seperti dimuat Al Jazeera.

Dia menekankan bahwa menempatkan Babylon di Daftar Warisan Dunia akan mendorong penelitian dan pengembangan situs serta akan menjadi publisitas gratis bagi wisatawan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA