Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Eropa Menyaring Kandidat Untuk Pimpin IMF

Christine Lagarde Dan Draghi Bertukar Posisi?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/aldi-gultom-1'>ALDI GULTOM</a>
LAPORAN: ALDI GULTOM
  • Minggu, 07 Juli 2019, 02:17 WIB
Eropa Menyaring Kandidat Untuk Pimpin IMF
Logo IMF/net
rmol news logo Para Menteri Keuangan Eropa perlu mencari kandidat untuk menggantikan Christine Lagarde sebagai kepala Dana Moneter Internasional (IMF).

Pernyataan itu disampaikan Menteri Keuangan Prancis, Bruno Le Maire, pada hari Sabtu (6/7), dikutip dari Reuters.

Para pemimpin Eropa mencalonkan Lagarde pekan lalu untuk menggantikan bankir Italia, Mario Draghi, sebagai presiden Bank Sentral Eropa. Draghi sudah menjabat sejak 2011.

Berbicara di sela konferensi ekonomi dan bisnis di Prancis selatan, Le Maire mengatakan bahwa menteri keuangan Eropa akan membahas masalah ini pada pertemuan di Brussels, Selasa depan.

"Kita perlu menemukan kompromi di tingkat Eropa. Saya berharap kita akan menemukan kompromi tentang kandidat terbaik, kandidat Eropa terbaik untuk IMF," katanya kepada wartawan.

Ia yakin Eropa memiliki kandidat terbaik untuk IMF. Hal ini dikatakannya untuk menanggapi pertanyaan apakah Gubernur Bank of England, Mark Carney, dapat dimasukkan sebagai kandidat Eropa.

Meskipun lahir dan besar di Kanada, Carney, yang juga mantan gubernur Bank Kanada, memegang paspor Inggris dan Irlandia sebagai tambahan kewarganegaraan Kanada-nya.

Informasi dari seorang pejabat Prancis mengatakan bahwa Le Maire akan membahas masalah dukungan kepada Carney ini bersama Presiden Emmanuel Macron akhir pekan ini. Pejabat itu menyebut Prancis mendukung Carney. Namun, ada kekhawatiran tentang kewarganegaraan Kanada yang dimiliki Carney meskipun ia sangat dihormati.

Ada opini lain berkembang, bahwa Christine Lagarde (Prancis) dan Mario Draghi (Italia) bisa saja bertukar jabatan. Draghi sendiri akan mengundurkan diri pada Oktober setelah delapan tahun memimpin Bank Sentral Eropa.

Editor kolom opini Bloomber, Ferdinando Giugliano, berpendapat, pertukaran pekerjaan antara Draghi dan Lagarde akan menjadi keuntungan bagi ekonomi global.

Draghi dianggap memenuhi syarat. Dia memiliki latar belakang yang kuat di bidang ekonomi, sesuatu yang tidak dimiliki Lagarde tetapi dimiliki banyak bos IMF sebelumnya. Dia juga memiliki rekam jejak mengelola krisis secara efektif dan membangun konsensus politik. Draghi menyelematkan Euro lewat janjinya untuk melakukan "apa pun yang diperlukan" untuk melindungi mata uang tunggal.

Secara tradisional, IMF yang berbasis di Washington dipimpin oleh orang Eropa, sementara lembaga sejenisnya yaitu Bank Dunia dipimpin oleh orang Amerika. Kadang-kadang, negara-negara pasar berkembang yang lebih besar berusaha mengganggu duopoli itu dengan mencalonkan kandidat mereka sendiri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA