Soal Polemik Kebocoran Memo Dubes, Inggris Tidak Temukan Bukti Peretasan

Jumat, 12 Juli 2019, 00:59 WIB | Laporan: Amelia Fitriani

Dutabesar Inggris untuk Amerika Serikat, Sir Kim Darroch/Net

Pemerintah Inggris tidak menemukan adanya bukti peretasan komputer terhadap email yang dikirim oleh dutabesar Inggris untuk Amerika Serikat, Sir Kim Darroch.

Menteri Luar Negeri Inggris, Sir Alan Duncan mengatakan kepada anggota parlemen di House of Commons pada hari Kamis (11/7) bahwa mereka saat ini memfokuskan penyelidikan pada individu-individu dalam sistem Inggris, setelah gagal menemukan bukti adanya gangguan dari luar.

"Kami tidak, pada saat ini, memiliki bukti bahwa ini adalah peretasan sehingga fokus kami adalah menemukan seseorang dalam sistem yang telah merilis komunikasi ini secara ilegal," jelasnya.

Darroch sendiri diketahui mengundurkan diri dari jabatannya pada hari Rabu (10/7), pasca polemik akibat kebocoran email di mana dia mencap pemerintahan Presiden Donald Trump disfungsional, tidak layak dan tidak kompeten.

Dalam pernyataannya dia mengungkapkan bahwa dia ingin mengakhiri spekulasi tentang masa depannya setelah kehebohan tentang bocornya memo rahasia yang merusak hubungan kedua negara.

"Situasi saat ini membuat saya tidak mungkin menjalankan peran saya seperti yang saya inginkan," tulis Darroch, seperti dimuat Russia Today.
Tag:

Kolom Komentar


Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019
Video

Mulai Panas, Nasdem Sindir PKB

Kamis, 18 Juli 2019