Menlu Iran: Tidak Ada Pembicaraan Selama "Teror" Ekonomi AS Ada

Jumat, 12 Juli 2019, 06:20 WIB | Laporan: Amelia Fitriani

Menlu Iran Javad Zarif/Net

Pembicaraan antara Amerika Serikat dan Iran tidak akan pernah terjadi selama "teror" ekonomi masih diberlakukan terhadap Iran.

Begitu kata Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif (Kamis, 11/7).

"Kami tidak melakukan negosiasi dengan mereka yang melakukan terorisme ekonomi terhadap rakyat kami. Ini harus dihentikan," kata Zarif.

Diplomat top Iran itu kembali mengkritik Amerika Serikat karena secara sepihak menarik diri keluar dari perjanjian nuklir multilateral tahun 2015 yang secara resmi disebut Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) serta mengembalikan sanksi ekonomi yang keras terhadap Iran.

"Kami tidak pernah meninggalkan meja perundingan. Mereka (Amerika Serikat) sendiri yang memutuskan untuk melakukannya," kata Zarif.

"Mereka sekarang membuat klaim palsu untuk menipu (publik) bahwa 'kami siap berunding.' Jika mereka siap untuk pembicaraan, negosiasi tidak selaras dengan terorisme," tambahnya seperti dimuat Press TV.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump diketahui menarik negaranya keluar dari JCPOA pada Mei 2018 dan memberlakukan kembali sanksi keras terhadap Iran meski ada kritik global.
Tag:

Kolom Komentar


Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019
Video

Mulai Panas, Nasdem Sindir PKB

Kamis, 18 Juli 2019