Empat Fakta Soal Christine Lagarde, Wanita Pertama Di Posisi Top Bank Sentral Eropa

Jumat, 12 Juli 2019, 22:30 WIB | Laporan: Amelia Fitriani

Christine Lagarde/Net

Christine Lagarde akan membuat sejarah baru dengan menjadi presiden wanita pertama Bank Sentral Eropa (ECB) akhir tahun ini.

Penunjukan mantan Lagarde untuk mengisi pos penting di Eropa itu menandai langkah terbaru dalam karir cemerlangnya.

Para pemimpin dan menteri keuangan Eropa menggambarkan Lagarde sebagai orang yang tepat untuk memimpin ECB karena rekam jejaknya serta keterampilan komunikasinya yang baik.

Untuk selangkah lebih dekat dengan mantan menteri keuangan Perancis itu, berikut empat fakta mengenai Lagarde, mengutip sejumlah sumber:

1. Dari Pengacara Hingga Menteri Keuangan

Lagarde merupakan wanita kelahiran Paris, Perancis yang menyelesaikan sebagian besar studinya di negara tersebut.

Setelah lulus dari sekolah hukum di Universitas Paris Nanterre, dia bergabung dengan firma hukum multinasional, Baker McKenzie.

Di firma hukum tersebut, karirnya meningkat hingga dia kemudian mengkhususkan diri dalam urusan hukum perburuhan dan anti-trust, serta merger dan akuisisi.

Namun pada tahun 2005, dia meninggalkan Baker McKenzie untuk berubah haluan dengan terjun ke dunia politik sebagai menteri perdagangan luar negeri Perancis. Kemudian dalam dua tahun, dia lalu didapuk sebagai menteri keuangan dan ekonomi Perancis.

Di pos itu, dia menorehkan sejarah sebagai kepala keuangan wanita pertama dari negara G-7.

2. Wanita Pertama Yang Pimpin IMF

Seakan tidak mau berhenti menuliskan sejarah, Lagarde pada tahun 2011 dinominasikan sebagai direktur pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF). Dia pun kemudian resmi menjadi wanita pertama yang memegang posisi top di lembaga yang berbasis di Washington sejak saat itu.

Di masa kepemimpinannya di IMF, Lagarde pernah mengawasi program bailout untuk Yunani, Portugal dan Irlandia selama krisis utang negara yang memuncak pada tahun 2001 dan 2012.

3. Menjadi wanita pertama yang pimpin Bank Sentral Eropa (ECB)

Pada awal bulan Juli ini, perwakilan dari 28 negara Eropa memilihnya sebagai presiden ECB berikutnya. Dia akan resmi mengemban jabatan itu mulai 1 November 2019 ini.

Tugas utama yang dihadapi Lagarde di pos barunya tersebut adalah mengendalikan inflasi dan menegakkan keputusan kebijakan moneter untuk blok tersebut.

4. Perenang Ulung

Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa di samping piawai dalam memimoin lembaga keuangan top dunia, Lagarde juga piawai dalam olahraga berenang.

Dia adalah anggota tim nasional Perancis untuk renang yang disinkronkan. Dia bahkan pernah memenangkan medali perunggu di kejuaraan nasional Perancis.

Kolom Komentar


Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019
Video

Mulai Panas, Nasdem Sindir PKB

Kamis, 18 Juli 2019