Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Trump Tarik AS Dari Kesepakatan Nuklir Iran Karena Terkait Obama?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 14 Juli 2019, 08:56 WIB
Trump Tarik AS Dari Kesepakatan Nuklir Iran Karena Terkait Obama?
Presiden Amerika Serikat Donald Trump/Net
rmol news logo Dutabesar Inggris untuk Washington Kim Darroch percaya bahwa Presiden Amerika Serikat Donald Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran karena dikaitkan dengan pendahulunya Barack Obama. Begitu bunyi dokumen yang bocor yang dimuat Channel News Asia pada Sabtu (13/7).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Pemerintahan diatur atas tindakan vandalisme diplomatik, tampaknya karena alasan ideologis dan kepribadian, itu adalah kesepakatan Obama," tulis duta besar Kim Darroch dalam kabel diplomatik pada Mei 2018.

Kabel itu dimasukkan dalam batch kedua dari laporan bocor yang diterbitkan oleh surat kabar Mail on Sunday, yang pertama menyebabkan Darroch mengundurkan diri awal pekan ini.

Dalam kabel itu juga disebutkan bahwa pada Mei 2018, menteri luar negeri Inggris saat itu Boris Johnson pergi ke Washington untuk mencoba membujuk Trump agar tidak meninggalkan kesepakatan Iran.

Dalam kabel yang dikirim setelah itu, Darroch mengindikasikan ada perpecahan di tim Trump atas keputusan itu. Dia juga mengkritik Gedung Putih karena kurangnya strategi jangka panjang.

"Mereka tidak dapat mengartikulasikan strategi sehari setelah apa pun, dan kontak dengan Departemen Luar Negeri pagi ini menunjukkan tidak ada rencana untuk menjangkau mitra dan sekutu, baik di Eropa atau kawasan," tulis Darroch. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA