AS "Tendang" Turki Dari Program Jet Tempur F-35

Kamis, 18 Juli 2019, 06:47 WIB
Laporan: Amelia Fitriani

F-35/Net

Amerika Serikat mengeluarkan Turki dari program jet tempur F-35 pekan ini. Langkah ini diambil setelah Turki menerima sitem pertahan rudal S-400.

"Amerika Serikat dan mitra F-35 lainnya selaras dalam keputusan ini untuk menangguhkan Turki dari program dan memulai proses untuk secara resmi mengeluarkan Turki dari program tersebut," kata Wakil Menteri Pertahanan untuk akuisisi dan dukungan di Pentagon, Ellen Lord (Rabu, 17/7).

"Turki tentu saja dan sayangnya akan kehilangan pekerjaan dan peluang ekonomi masa depan dari keputusan ini," kata Lord.

"Turki tidak akan lagi menerima lebih dari sembilan miliar dolar dalam bagian kerja yang diproyeksikan terkait dengan F-35 selama masa pakai program," sambungnya, seperti dimuat A Jazeera.

Turki menanggapi dengan menilai bahwa langkah itu tidak adil dan dapat mempengaruhi hubungan kedua negara.

"Kami mengundang Amerika Serikat untuk kembali dari kesalahan ini yang akan membuka luka yang tidak dapat diperbaiki dalam hubungan strategis," begitu keterangan Kemenerian Luar Negeri Turki dalam sebuah pernyataan, setelah pengumuman Pentagon.

Turki diketahui menerima bagian pertama dari sistem pertahanan udara S-400 yang diterbangkan ke pangkalan udara militer Murted di barat laut Ankara pekan lalu.

Kolom Komentar


Video

Sebelum Angkat Ahok, Baiknya Erick Thohir Konsultasi Kasus Sumber Waras Ke KPK

Rabu, 13 November 2019
Video

Ahok Mau Jadi Petinggi BUMN, Ini Gaya Marah-marahnya

Rabu, 13 November 2019
Video

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Jumat, 15 November 2019