Militer AS Tembak Jatuh Drone Iran Di Selat Hormuz

Jumat, 19 Juli 2019, 06:28 WIB
Laporan: Amelia Fitriani

Presiden Amerika Serikat Donald Trump/Net

Ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran semakin tidak terelakkan. Insiden terbaru yang melibatkan kedua negara kembali terjadi. Militer Amerika Serikat menembak jatuh sebuah pesawat tanpa awak atau drone Iran yang terbang sekitar 1.000 meter dari salah satu kapal angkatan laut Amerika Serikat di Selat Hormuz (Kamis, 18/7).

Begitu kata Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

"USS Boxer mengambil tindakan defensif terhadap pesawat tak berawak Iran karena mengancam keselamatan kapal dan awak kapal," kata Trump di Gedung Putih.

"Drone itu segera dihancurkan," tambahnya.

Trump menyebut, Amerika Serikat menganggap insiden itu sebagai provokasi Iran.

"Ini adalah yang terbaru dari banyak tindakan provokatif dan bermusuhan oleh Iran, terhadap kapal yang beroperasi di perairan internasional," kata Trump.

"Amerika Serikat berhak untuk membela personel kami, fasilitas kami, dan kepentingan serta menyerukan semua negara untuk mengecam upaya Iran untuk mengganggu kebebasan navigasi dan perdagangan global," tambahnya.

"Saya juga meminta negara-negara lain untuk melindungi kapal mereka saat mereka melewati Selat dan untuk bekerja dengan kami di masa depan," demikian Trump, seperti dimuat Channel News Asia.

Kolom Komentar


Video

Sebelum Angkat Ahok, Baiknya Erick Thohir Konsultasi Kasus Sumber Waras Ke KPK

Rabu, 13 November 2019
Video

Ahok Mau Jadi Petinggi BUMN, Ini Gaya Marah-marahnya

Rabu, 13 November 2019
Video

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Jumat, 15 November 2019