Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Arab Saudi Bela Surat Bersama Soal Dukungan Atas Kebijakan China Di Xinjiang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 19 Juli 2019, 06:58 WIB
Arab Saudi Bela Surat Bersama Soal Dukungan Atas Kebijakan China Di Xinjiang
Warga Uighur di Xinjiang China/Net
rmol news logo Arab Saudi membela surat yang ditandatangani bersama dengan 36 negara lain untuk mendukung kebijakan China di wilayah barat Xinjiang.

Diketahui bahwa pekan lalu, sejumlah negara di Dewan Hak Asasi Manusia PBB menulis sebuah surat bersama yang isinya menyerukan agar China menghentikannya penahanan massal di Xinjiang.

Tidak lama setelah itu, Arab Saudi, Rusia dan 35 negara lainnya menulis surat tandingan yang isinya memuji pencapaian China di bidang hak asasi manusia.

Menjelaskan soal keterlibatan Arab Saudi dalam penandatanganan surat tersebut, Dutabesar Arab Saudi untuk PBB, Abdallah Al-Mouallimi mengatakan bahwa surat itu berbicara tentang pekerjaan pembangunan China.

"Hanya itu yang dibicarakan, itu tidak membahas hal lain," jelasnya.

Dia menegaskan bahwa Arab Saudi merupakan negara yang sangat peduli akan nasib muslim di dunia.

"Tidak ada yang bisa lebih peduli tentang status Muslim di manapun di dunia selain Arab Saudi," katanya.

"Apa yang kami katakan dalam surat itu adalah bahwa kami mendukung kebijakan pembangunan China yang telah mengangkat orang keluar dari kemiskinan," tandasnya.

Namun salinan surat itu, seperti dimuat Reuters (Kamis, 18/7), berisi pernyataan yang menyebut bahwa keamanan telah kembali ke Xinjiang dan hak asasi manusia dari semua kelompok etnis di sana telah dilindungi.

"Menghadapi tantangan besar terorisme dan ekstremisme, China telah melakukan serangkaian tindakan anti-terorisme dan deradikalisasi di Xinjiang, termasuk mendirikan pusat-pusat pendidikan dan pelatihan kejuruan," begitu bunyi surat tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA