Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penyemprotan Herbisida Oleh Israel Kerap Rusak Tanaman Petani Di Gaza

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 19 Juli 2019, 23:39 WIB
Penyemprotan Herbisida Oleh Israel Kerap Rusak Tanaman Petani Di Gaza
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pesawat-pesawat Israel diduga kerap menyemprotkan herbisida di samping zona penyangga di sepanjang Jalur Gaza selama beberapa tahun terakhir. Hal itu secara langsung mempengaruhi panen dan mengganggu mata pencaharian sejumlah warga Palestina.

Begitu hasil studi terbaru yang melacak soal penyimpangan herbisida ke sisi Gaza yang dilakukan oleh Israel.

Studi itu sendiri dilakukan oleh Arsitektur Forensik, yakni sebuah lembaga penelitian yang berbasis di Goldsmiths, University of London, selama 16 bulan. Mereka menyelidiki efek potensial dari penyemprotan herbisida oleh Israel.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa seprotan itu mencapai lebih dari 300 meter ke wilayah Gaza.

Para peneliti menyimpulkan bahwa penyemprotan itu membunuh tanaman pertanian dan menyebabkan kerusakan yang tidak terduga dan tidak terkendali.

Peneliti dalam laporan itu mengatakan bahwa dalam lima tahun terakhir, pesawat-pesawat Israel telah menyemprotkan herbisida lebih dari 30 kali di sisi Israel dari zona penyangga dengan Gaza.

Menanggapi laporan studi tersebut, Kementerian Pertahanan Israel mengatakan bahwa penyemprotan perlu dilakukan dengan alasan keamanan.

"Penyemprotan dilakukan hanya di atas wilayah Negara Israel dan diawasi oleh para profesional bersertifikat," begitu bunyi pernyataan tersebut, seperti dimuat The Guardian (Jumat, 19/7).

"Pembentukan pertahanan melakukan kontrol gulma di mana bahan disemprotkan dari udara untuk keperluan operasional, di antaranya menghilangkan potensi elemen teror, yang dapat mengancam warga netara Israel, khususnya masyarakat yang tinggal berdekatan dengan perbatasan Gaza, serta pasukan (Israel)," sambung pernyataan yang sama. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA