Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Arsitek Perancang Menara Petronas Malaysia Tutup Usia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 21 Juli 2019, 08:58 WIB
Arsitek Perancang Menara Petronas Malaysia Tutup Usia
Malaysia/Net
rmol news logo Arsitek kawakan asal Argentina Cesar Pelli, menghembuskan napas terakhir pada usia 92 tahun akhir pekan ini.

Pelli merupakan arsitek yang dikenal karena merancang beberapa bangunan tertinggi dan paling ikonik di dunia, salah satunya adalah menara kembar Petronas di Kuala Lumpur Malaysia.

Kabar soal kematian Pelli pertama diumumkan oleh seorang arsitek senior di studio Pelli di Connecticut, Anibal Bellomio. Dia mengatakan bahwa Pelli meninggal dengan tenang pada hari Jumat (19/7) di rumahnya di New Haven.

Selain menara Petronas setinggi 1.483 kaki di Malaysia, karya Pelli lainnya yang paling terkenal adalah Menara Salesforce di San Francisco dan Brookfield Place serta World Financial Center, yang merupakan sebuah kompleks gedung pencakar langit yang berlokasi di Manhattan, New York.

Pelli lahir pada 12 Oktober 1926 di San Miguel de Tucuman, sebuah kota kecil yang terletak di bagian utara Argentina. Ayahnya adalah seorang pegawai negeri dan ibu seorang guru sekolah.

Dikabarkan Al Jazeera, dia adalah lulusan Universitas Tucuman dan pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1952, menetap di New Haven, Connecticut. Pelli adalah mantan dekan Fakultas Arsitektur Universitas Yale dan dosen di sekolah itu.

Dia menerima banyak penghargaan dalam karirnya, termasuk Penghargaan Aga Khan dalam Arsitektur pada tahun 2004 untuk merancang Menara Petronas.

Gubernur provinsi Tucuman Argentina, tempat Pelli dibesarkan, Juan Manzur ikut berduka atas kepergian Pelli.

"Dengan sangat menyesal kami menerima berita sedih tentang kematian arsitek besar Cesar Pelli," kata Manzur dalam pernyataan di Twitter.

"Dia tanpa diragukan lagi adalah seorang pencipta dan warisannya akan bertahan selamanya dalam setiap karyanya," tambahnya.

Selain itu, Presiden Argentina Mauricio Macri, juga berduka akan kepergian Pelli. Dia menulis di Twitter bahwa warisan Pelli adalah kebanggaan bagi semua orang Argentina.

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad juga memberikan penghormatan kepada Pelli dalam sebuah cuitan di Twitter.

"Saya sedih mendengar meninggalnya Cesar Pelli, arsitek hebat yang merancang Menara Kembar KLCC di Malaysia. Belasungkawa kepada keluarga dan teman-temannya," tulisnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA