Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Huawei Diam-diam Bantu Korut Bangun Jaringan Nirkabel?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 23 Juli 2019, 07:58 WIB
Huawei Diam-diam Bantu Korut Bangun Jaringan Nirkabel?
Korea Utara/Net
rmol news logo Raksasa teknologi China, Huawei secara diam-diam membantu Korea Utara membangun dan memelihara jaringan nirkabel komersialnya. Begitu kabar yang dimuat Washington Post pada Senin (22/7), dengan mengutip sumber dan dokumen internal.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Media tersebut mengabarkan bahwa Huwei bermitra dengan perusahaan China milik negara, Panda International Information Technology pada sejumlah proyek di Korea Utara selama setidaknya delapan tahun.

Sementara itu, sumber yang disebut-sebut Washington Post dekat dengan masalah ini mengatakan bahwa Departemen Perdagangan telah menyelidiki Huawei sejak 2016 dan sedang meninjau apakah perusahaan tersebut melanggar aturan kontrol ekspor terkait dengan sanksi terhadap Korea Utara.

Bila terbukti, maka Huawei memunculkan tanda tanya baru soal apakah penggunaan teknologi Amerika Serikat di komponennya, melanggar kontrol ekspor Amerika Serikat untuk melengkapi Korea Utara dengan peralatan.

Mengutip Reuters, Huawei belum mengeluarkan komentar resmi. Namun mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada Washington Post bahwa tidak ada kehadiran bisnis di Korea Utara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA