Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Duh, Kapal Berisi Ratusan Pengungsi Terbalik Di Laut Mediterania

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 26 Juli 2019, 15:44 WIB
Duh, Kapal Berisi Ratusan Pengungsi Terbalik Di Laut Mediterania
Ilustrasi perahu pengungsi yang terbalik/Net
rmol news logo Dua buah kapal yang mengangkut ratusan pengungsi asal Afrika dikabarkan terbalik di Laut Mediterania, Kamis (26/7). Sekitar separuh dari isi kapal masih belum ditemukan.

Seperti diberitakan Al Jazeera, ada 2 kapal yang mengangkut sekitar 300 pengungsi di perairan Libia. Akibat kelebihan muatan, kapal pun terbalik.

Organisasi Internasional Untuk Migrasi (IMO) melalui akun Twitter mereka menyebut sekitar 150 pengungsi diperkirakan tenggelam. Sementara 145 orang lainnya berhasil diselamatkan dan kembali ke Libia setelah tragedi tersebut.

Diketahui, dua kapal yang berisi sekitar 300 orang pengungsi tersebut berlayar dari Libia dengan tujuan Italia melalui Laut Mediterania. Namun sayangnya sekitar 120 km dari lepas pantai Tripoli, kedua kapal terbalik akibat kelebihan muatan.

Ini menjadi tragedi terburuk sepanjang 2019. Seperti yang dikatakan oleh UN High Commissioner for Refugees, Filippo Grandi, kepada Al Jazeera, "Tragedi terburuk tahun ini telah terjadi."

Sementara itu, para korban yang selamat akhirnya memilih tidak melanjutkan perjuangan mereka, karena takut kejadian serupa kembali terulang. Seperti Sabah Youssef yang kehilangan anaknya yang berusia 7 tahun.

"Saat ini saya tidak menginginkan apapun selain kembali ke kampung halaman di Sudan, dan meninggal (di sana)," ucap Sabah.

Kejadian seperti ini bukanlah kali pertama di Laut Mediterania. Mengingat masih banyaknya warga di negara-negara yang sedang berkonflik memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman. Meski harus mempertaruhkan nyawa mereka. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA