Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Khawatir Penyebaran Ebola, Arab Saudi Larang Jamaah Haji Dari Kongo Masuk

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 26 Juli 2019, 23:36 WIB
Khawatir Penyebaran Ebola, Arab Saudi Larang Jamaah Haji Dari Kongo Masuk
Pelaksanaan ibadah haji/Net
rmol news logo Jelang pelaksanaan ibadah haji bulan depan, Arab Saudi melarang masuknya jamaah dari Republik Demokratik Kongo (DRC).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Langkah itu diambil karena Kongo tengah dilanda wabah ebola. Ada kekhawatiran bahwa ebola bisa menyebar ke jamaah haji lainnya selama musim haji bulan depan.

Keputusan itu diumumkan dalam sebuah catatan yang dikeluarkan pekan ini oleh Kementerian Luar Negeri Saudi, seperti dikabarkan Al Jazeera (Jumat, /6/7).

Keputusan itu mengutip langkah yang diambil oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bulan lalu yang menyatakan wabah ebola di provinsi Kivu Utara dan Ituri timur Kongo telah mencapat tingkat darurat kesehatan masyarakat yang perlu menjadi perhatian internasional.

"Pemberian visa kedatangan untuk orang-orang yang masuk dari DRC telah dihentikan, untuk menjaga kesejahteraan para jamaah," begitu bunyi penggalan catatan kementerian Arab Saudi tersebut.

Tidak jelas berapa banyak aplikasi orang yang terpengaruh oleh langkah ini.

Larangan masuk diberlakukan oleh Arab Saudi meskipun WHO mengatakan pada saat deklarasi darurat internasionalnya bahwa tidak ada negara yang harus menutup perbatasannya atau membatasi perjalanan atau perdagangan karena ebola.

Namun epidemi itu tidak bisa dipandang sebelah mata. Menurut keterangan Kementerian Kesehatan Kongo, ebola tercatat telah menewaskan lebih dari 1.700 orang sejak muncul Agustus lalu. Ini adalah wabah terburuk kedua dari jenisnya yang pernah ada. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA