Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kamboja Beli Ribuan Senjata China, PM Hun Sen: Saya Ingin Perkuat Tentara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 29 Juli 2019, 17:00 WIB
Kamboja Beli Ribuan Senjata China, PM Hun Sen: Saya Ingin Perkuat Tentara
PM Hun Sen/Net
rmol news logo Setelah sebelumnya Kamboja menyangkal kesepakatan rahasia dengan China terkait penggunaan pangkalan angkatan laut Kamboja oleh kapal perang China, kini dugaan tersebut mencuat kembali dengan pembelian puluhan ribu senjata China untuk tentara Kamboja.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sekitar 40 juta dolar AS telah Kamboja dihabiskan tahun ini dari total kesepakatan jual beli senjata yang mencapai 290 juta dolar AS dengan China. Namun tidak diketahui jenis senjata apa saja yang telah dibeli oleh Kamboja tersebut.

"Saya ingin perkuat tentara,” ujar Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, dalam pidatonya yang disiarkan di Facebook.

"Saya telah memesan puluhan ribu senjata. Saat ini, mereka (senjata) itu sedang dikirimkan,” ucapnya ketika mengunjungi konstruksi stadium di Phnom Penh yang menjadi  hadiah dari Presiden Xi Jinping.

China sendiri sebelumnya telah memberikan miliaran dollar pada Kamboja dalam bentuk hutang, infrastruktur, hingga investasi dalam rangka menjaga Kamboja direnggut oleh Amerika Serikat. Sehingga bukan tidak mungkin Kamboja memberikan pinjaman pangkalan militernya pada China.

Wall Street Journal memberikan laporan bahwa draft kesepakatan China dan Kamboja meliputi akses pangkalan Ream dekat Sihanoukville untuk kapal peranng China dan sebagai penyimpanan senjata.

Padahal sebelumnya  Kedutaan Besar AS di Phnom Penh telah mempertanyakan kesediaan Kamboja untuk menempatkan kekuatan militernya di sana.

Diketahui saat ini China membutuhkan pangkalan militer di kawasan Asia Tenggara guna memperkuat klaimnya atas Laut China Selatan. Sementara AS sendiri telah meminjam pangkalan militer Filipina dan Singapura. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA