Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Unjuk Rasa Ricuh, Empat Siswa Mati Ditembak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 30 Juli 2019, 18:53 WIB
Unjuk Rasa Ricuh, Empat Siswa Mati Ditembak
Penembakan/Net
rmol news logo Aksi unjuk rasa di Kota El Obeid, Kordofan Utara, Sudan menelan korban jiwa. Tercatat, sebanyak lima orang pengunjuk rasa, empat di antaranya siswa menengah tewas tertembak dalam demonstrasi yang terjadi pada Senin (29/7) itu.

Asosiasi Profesional Sudan (SPA) menilai aksi penembakan itu sudah direncanakan oleh aparat keamanan. Pasalnya, “live ammunition” seperti proyektil dan senapan disiapkan untuk melawan pengunjuk rasa.

Unjuk rasa terjadi sehari sebelum rapat pemerintahan transisi pasca Omar al Bashir dikudeta pada 11 April lalu digelar.

Para warga dan siswa berunjuk rasa lantaran ada pengurangan bahan bakar dan roti di negara bagian Kordofan Utara. Pengurangan terjadi karena di daerah ini ada perebutan kekuasaan antara pihak oposisi dan militer.

"Kami menyerukan kepada orang-orang untuk turun ke jalan...untuk mengecam pembantaian Al-Obeid, untuk menuntut para pelaku diadili,” tegas SPA seperti yang dilansir oleh Al Jazeera, Selasa (30/7).

Sementara itu, pejabat Gubernur Kordofan Utara, Mohamed Khidr Mohamed Hamid pada Al-Arabiya TV mengakui ada “sedikit gesekan” antara  pengunjuk rasa dan pasukan keamanan.

Ia mengatakan bahwa pihaknya belum bisa mengkonfirmasi siapa yang melepaskan tembakan. Namun demikian, Hamid mengaku akan menginvestigasi kejadian tersebut.

Setelah kejadian tersebut, otoritas setempat kemudian memberlakukan jam malam. Menurut laporan dari wartawan Al Jazeera, Hiba Morgan, keempat siswa ikut turun ke jalan untuk menuntut keadilan dan kehidupan yang lebih baik. Sebelum akhirnya mereka ditembak mati di tempat kejadian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA