Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belasan Wartawan Malaysia Ke Kantor PWI, Bicarakan Perubahan Platform Media Dan Persahabatan Kedua Bangsa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Kamis, 01 Agustus 2019, 22:51 WIB
Belasan Wartawan Malaysia Ke Kantor PWI, Bicarakan Perubahan Platform Media Dan Persahabatan Kedua Bangsa
Foto: Ist
rmol news logo Sebanyak 15 wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik di Malaysia, mengunjungi Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Jalan Kebon Sirih Jakarta, Kamis (1/8/19).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kedatangan rombongan diterima Ketua Dewan Kehormatan PWI Ilham Bintang didampingi anggota Asro Kamal Rokan yang juga Ketua Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia - Indonesia (ISWAMI) Indonesia dan penasehat ISWAMI Syamsudin Ch Haesy.

Ilham Bintang, yang juga Penasehat ISWAMI, menjelaskan sejarah, perkembangan, dan kode etik serta kode perilaku PWI. Juga dijelaskan kondisi media di Indonesia dalam era digital. Ilham menyatakan, peran wartawan tetap tidak tergantikan.

"Yang berubah adalah platform media. Seperti halnya penyanyi, mereka tetap ada, meski teknologinya berubah. Dulu lagu direkam menggunakan piringan hitam, kemudian berubah ke kaset, compact disc, kemudian kini diunggah ke youtube, dan platform lain, namun penyanyi tetap ada," ujar Ilham memberi contoh.

Sedangkan Asro Kamal Rokan dan N Syamsuddin Ch Haesy mengingatkan kembali awal kelahiran ISWAMI, yang bertujuan untuk saling memahami antar kedua negara serumpun.

"ISWAMI lahir saat hubungan kedua negara mengalami ketegangan dalam kasus Ambalat pada 2005. Alhamdulillah, organisasi ini terus menjadi jembatan informasi kedua negara," ujar Asro. "Peran medialah yang dapat menyamakan persepsi rakyat kedua negara, bukan diplomat atau pengusaha."

Dalam pertemuan ini, ISWAMI Indonesia dan Malaysia sepakat untuk terus menjaga hubungan baik Indonesia dan Malaysia, termasuk perlunya kerja sama generasi milenial kedua, dan platform baru media massa.

Setelah itu masing-masing rombongan wartawan juga memberikan pandangannya tentang media dan hubungan Indonesia - Malaysia.

Rencananya rombongan akan mewawancarai Presiden Jokowi di Istana Negara, Jumat sebelum Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Kuala Lumpur, 8 Agustus 2019.

Rombongan wartawan Malaysia tersebut, antara lain Abdul Rashid Yusof (Group Editor New Straits Times / Presiden ISWAMI), Mohammad Khaidir Bin Abdul Majid (Group Editor Berita Harian / Bendahara ISWAMI), Mohamad Nasir Bin Yusoff (Managing Editor Bernama/Sekjen ISWAMI), Datuk Zulkefli Bin Hamzah (Pimred Utusan Malaysia/Wakil Presiden ISWAMI), dan Agus Setiawan (LKBN Antara Kuala Lumpur). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA