Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dua Terduga Pelaku Bom Bangkok Ditangkap

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 02 Agustus 2019, 21:35 WIB
Dua Terduga Pelaku Bom Bangkok Ditangkap
Pihak keamanan Thailand sedang melakukan olah TKP/Net
rmol news logo Terduga pelaku bom di Bangkok yang menyebabkan empat orang luka-luka ditangkap pada Jumat (2/8). Dua orang terduga pelaku berasal dari Thailand bagian selatan, wilayah yang dikuasai oleh para pemberontak Thailand selama hampir 15 tahun.

"Terdapat sembilan ledakan yang sukses atau percobaan. Kami belum mendapatkan motif apa pun," tutur Kepala Militer Thailand, Prayut Chan-o-cha.

Serangan bom di Bangkok terjadi pada Jumat (2/8), tepat ketika Bangkok tengah menjadi tuan rumah KTT ASEAN yang mengagendakan isu keamanan regional. Pada KTT ASEAN kali ini, tidak hanya dihadiri oleh perwakilan sepuluh negara-negara ASEAN semata, namun juga oleh perwakilan negara China, Rusia, hingga Amerika Serikat.

Meski tidak pernah memiliki sejarah sebagai negara jajahan, Thailand memiliki masa lalu yang tidak kalah suram dengan negara-negara jajahan di Asia. Thailand merupakan negara yang kerap kali mengalami berbagai macam kudeta dan pemberontakan, khususnya bagi daerah di bagian selatan yang mayoritas beragama muslim.

Diketahui aksi pemberontakan yang dilakukan di  Thailand telah menyebabkan lebih dari 7000 orang meninggal dunia. Pada tahun 2014, tepatnya 22 Mei terjadi kudeta militer di Thailand setelah dua hari sebelumnya Thailand mengumumkan darurat militer.

Kudeta tersebut kudeta ke-12 sejak berakhirnya monarki absolut pada tahun 1932.Meski demikian, menurut Prayut, terlalu dini apabila kasus ini dikaitkan dengan pemberontakan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA