Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Punya Hubungan Dagang Dengan China, Australia Tolak Dijadikan Tempat Mangkal Rudal-rudal Amerika Serikat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 05 Agustus 2019, 18:32 WIB
Punya Hubungan Dagang Dengan China, Australia Tolak Dijadikan Tempat Mangkal Rudal-rudal Amerika Serikat
Australia menolak jadi tempat mangkal rudal-rudal Amerika Serikat/Net
rmol news logo Australia dengan tegas menolak dijadikan tempat penyimpanan rudal-rudal Amerika Serikat. Pernyataan tersebut muncul pada Senin (5/8) setelah Perdana Menteri Australlia Scott Morrison bertemu dengan Menteri Pertahanan AS Mark Esper dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo di Sydney, Minggu (4/8).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

AS sebelumnya memang berencana untuk menempatkan rudal jarak menengah di wilayah Asia sebagai sebuah upaya konfrontasi terhadap China. Rencana penempatan rudal AS di Australia sendiri merupakan usulan unit Korps Marinir AS yang secara teratur berpatroli melewati Darwin.

Mereka pun berspekulasi kalau AS bisa menempatkan rudalnya di Australia. Terutama setelah AS mengundurkan diri dari perjanjian nuklir (INF) dengan Rusia, Jumat (1/8).
Sayangnya, rencana AS tersebut mendapatkan penolakan dari Australia, walaupun kedua negara sudah memiliki perjanjian keamanan. Pasalnya, Australia merupakan mitra dagang utama China.

"Anda (Australia) bisa menjual 'jiwa' Anda untuk segundukan kedelai, atau Anda bisa melindungi orang-orang Anda," ujar Pompeo.

Pompeo juga memperingatkan para pembuat kebijakan Australia tentang risiko bila menutup mata terhadap pelanggaran yang dilakukan AS terkait perdagangan dengan China.

Rencana ini bisa dibilang akan semakin memperkuat gesekan antara AS dan Australia. Sekaligus dilema bagi Australia.

Karena, selain memiliki ketergantungan secara ekonomi dengan AS, Australia juga masih bergantung soal keamanan kepada AS.
Di sisi lain, AS masih bisa menempatkan rudal-rudal di wilayah Pasifik. Menurut sejumlah ahli, lokasi yang paling mungkin untuk menempatkan fasilitas militer AS adalah di Pulau Guam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA