Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Dorong Pakistan dan India Dialog Bahas Masa Depan Kashmir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 08 Agustus 2019, 17:39 WIB
AS Dorong Pakistan dan India Dialog Bahas Masa Depan Kashmir
Warga Kashmir menolak putusan isolasi dari India/Net
rmol news logo Amerika Serikat akhirnya turun tangan dalam konflik Kashmir yang melibatkan India dan Pakistan. Pada hari Rabu (7/8), AS menyatakan dukungannya agar India dan Pakistan melakukan dialog langsung terkait sengketa wilayah Kashmir.

"Kami terus mendukung dialog langsung antara India dan Pakistan mengenai Kashmir dan masalah-masalah lain yang menjadi perhatian," ujar Juru Bicara Departemen AS. Selain itu, AS juga menyerukan agar semua pihak tenang dan menahan diri ketika perselisihan meningkat.

Keputusan AS ini muncul setelah Pakistan mengancam akan menurunkan hubungan diplomatiknya serta menangguhkan perdagangan bilateral ddengan India. Tidak hanya itu, Pakistan juga mengatakan akan mengeluarkan Komisaris Tinggi India.

Selain Pakistan, China juga sebelumnya telah menyatakan kecamannya terhadap keputusan India yang menarik otonomi khusus Kashmir di mana di negara bagian tersebut, terdapat satu wilayah bersama Ladakh yang didominasi oleh umat Buddha.

"India terus merongrong kedaulatan teritorial China dengan mengubah hukum domestiknya secara sepihak," ujar jurubicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying.

Selain AS, Inggris sebelumnya juga menyatakan keprihatinannya terhadap situasi di Kashmir

'Aku sudah berbicara dengan Menteri Luar Negeri India. Kami telah menyatakan beberapa kekhawatiran tentang situasi dan menyerukan agar semua tenang, kami juga memiliki pembacaan yang jelas tentang situasi dari perspektif pemerintah India," ujar Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA