Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kunjungi Korsel, Menhan AS "Nego" Biaya Keamanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Sabtu, 10 Agustus 2019, 02:38 WIB
Kunjungi Korsel, Menhan AS "Nego" Biaya Keamanan
Menteri Pertahanan AS, Mark Esper/net
rmol news logo Setelah berkunjung ke Jepang beberapa hari lalu, Menteri Pertahanan AS, Mark Esper kini tengah melakukan kunjungan ke Korea Selatan (Korsel), Jumat (9/8). Kunjungan ini merupakan salah satu bagian turnya ke Asia Pasifik.

Dalam kunjungannya yang pertama sebagai Menhan ini, Esper tiba di Korsel pada hari Kamis malam (8/8), di tengah meningkatnya pertikaian antara Korsel dan Jepang. Selain mengingatkan Korsel dan Jepang untuk meminimalisir ketegangan, terdapat beberapa masalah lain yang dibahas Esper.

Seperti yang dilansir Channel News Asia, Esper akan bertemu dengan Menhan Korsel, Jeong Kyeong-doo untuk membahas sejumlah masalah, termasuk situasi di Semenanjung Korea, mendorong denuklirisasi dan perdamaian abadi, hingga membahas aliansi.

Selain itu, Esper juga akan melakukan negosiasi perihal biaya 'keamanan' di mana saat ini terdapat 28.500 tentara AS di Korsel.

Sehari sebelum Esper ke Korsel, Presiden Donald Trump mengatakan bahwa Korsel setuju untuk membayar lebih banyak demi menanggung biaya yang diperlukan untuk pemeliharaan tentara AS.

Namun Kamis lalu, seorang jurubicara Kemlu Korsel menyatakan bahwa negosiasi belum dimulai. Selain Korsel dan Jepang, Esper juga diketahui melakukan kunjungan ke Australia dan Mongolia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA