Resmi Dibuka Kembali Hari Ini, Bandara Hong Kong Batalkan 300 Penerbangan

Selasa, 13 Agustus 2019, 11:07 WIB | Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Suasana Bandara Hong Kong usai kembali dibuka pada Selasa (13/8)/Net

Setelah mengalami lumpuh karena unjuk rasa pada Senin (12/8), Bandara Internasional Hong Kong akhirnya kembali dibuka hari ini. Namun, ada lebih dari 300 penerbangan yang terpaksa dibatalkan.

Sehari setelah unjuk rasa yang melibatkan ribuan orang prodemokrasi, salah satu bandara tersibuk di dunia itu mulai menjalankan aktivitas. Pada Selasa pagi (13/8), penumpang terlihat sudah mengantre untuk mengejar penerbangan.

Pihak Otoritas Bandara pun telah mengumumkan bahwa mereka akan melaksanakan penjadwalan ulang sementara terkait kelumpuhan sistem kemarin.

Papan status penerbangan di aula keberangkatan sudah menunjukkan beberapa jadwal penerbangan dengan status "boarding soon".

Meski demikian, dilansir Al Jazeera, terdapat lebih dari 300 penerbangan yang dibatalkan. Hal serupa juga diberitakan South China Morning Post, sebanyak 160 penerbangan keluar dan 150 penerbangan masuk sudah dibatalkan pada hari ini.

Hal ini jelas membuat rugi banyak calon penumpang. Karena mereka sudah berada di sana sejak otoritas Bandara mengumumkan penutupan aktivitas pada Senin (12/8). Kini mereka harus kembali menanti jadwal yang belum pasti.

"Ini ketiga kalinya saya keluar dari tempat ini.  Sangat sulit jika harus mendorong koper ke mana-mana, sangat tidak lucu," keluh Kerry Dickinson seorang calon penumpang asal Afrika Selatan, dikutip Al Jazeera.  

Unjuk rasa di Hong Kong memang belum menunjukkan sinyal akan berhenti, meski sudah berlangsung lebih dari dua bulan. Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam menyebut unjuk rasa yang melibatkan ribuan orang tersebut merupakan "kegiatan melanggar hukum atas nama kebebasan".

Selain itu, unjuk rasa juga dinilai telah merusak aturan dan perekonomian pusat keuangan Asia tersebut. Dan butuh waktu lama untuk melakukan pemulihan.
Editor: Agus Dwi

Kolom Komentar


Video

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

Kamis, 08 Agustus 2019
Video

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Jumat, 09 Agustus 2019
Video

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Rabu, 14 Agustus 2019