DPR Apresiasi Gerak Cepat Kemlu Evakuasi WNI Di Hong Kong

Selasa, 13 Agustus 2019, 21:57 WIB | Laporan: Azairus Adlu

Aksi unjuk rasa di Hong Kong/Net

. Langkah Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang berhasil mengevakuasi 47 orang dari Hong Kong menuai apresiasi. Salah satunya datang dari Komisi I DPR RI.

Ketua Komisi I, Abdul Kharis Almasyhari mengapresiasi langkah Kemlu, wabil khusus Konsulat Jenderal RI di Hong Kong atas keberhasilan evakuasi WNI dari bandara Hong Kong yang diduduki demonstran.

"Langkah cepat, sistematis dan taktis harus terus dilakukan untuk menjaga keselamatan dan keamanan WNI yang berada di Hong Kong. Konjen RI sudah tepat mengambil langkah evakuasi," jelas Kharis dalam keterangan persnya kepada Kantor Berita RMOL, Selasa (13/8).

Legislator yang terpilih kembali mengemban amanah di DPR RI hingga 2024 ini menekankan, agar keamanan dan keselamatan semua WNI menjadi tanggung jawab negara oleh karena itu Kemlu agar terus memastikan bahwa Pekerja Migran Indonesia (PMI/TKI) untuk tidak turut dalam aksi demonstrasi di Hong Kong yang bisa membahayakan keselamatan mereka.

"Saya mengimbau dan juga tentu pemerintah Indonesia meminta agar WNI para pekerja Indonesia yang berada di Hong Kong tetap mematuhi hukum di sana. Jangan terlibat dalam setiap aksi demonstrasi di negara lain," katanya.

Belajar dari krisis politik di berbagai negara, Kharis meminta agar Kemenlu menyiapkan segala opsi untuk menangani dan membantu WNI di Hongkong.

"Pemerintah harus menyiapkan semua opsi seperti mengevakuasi semua WNI keluar dari Hong Kong jika diperlukan," demikian politikus PKS ini.
Editor: Azairus Adlu

Kolom Komentar


Video

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

Kamis, 08 Agustus 2019
Video

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Jumat, 09 Agustus 2019
Video

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Rabu, 14 Agustus 2019