Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dua Kapal Angkatan Laut AS Ditolak China Masuk Ke Hong Kong

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 14 Agustus 2019, 09:58 WIB
Dua Kapal Angkatan Laut AS Ditolak China Masuk Ke Hong Kong
Pelabuhan Hong Kong/Net
rmol news logo China menolak permintaan dua kapal Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) untuk mengunjungi pelabuhan Hong Kong dalam beberapa minggu mendatang.

Penegasan itu sebagaimana disampaikan pejabat pemerintah AS yang kepada Reuters tidak disebutkan namanya, Selasa (13/8).

Kapal dok pengangkut, Green Bay telah meminta untuk mengunjungi Hong Kong pada akhir bulan ini, sementara kapal penjelajah berpeluru kendali rudal, Lake Erie berusaha mengunjungi Hong Kong pada September mendatang.

Sebuah sumber mengatakan bahwa China tidak memberikan alasan spesifik atas penolakan tersebut. Namun diketahui, terakhir kali China menolak kunjungan ke pelabuhan Hong Kong adalah untuk kapal serbu Wasp pada bulan September 2018.

Sedangkan pada bulan April lalu, kapal komando amfibi Blue Ridge berhasil mengunjungi Hong Kong.

Langkah China menolak kunjungan tersebut diduga dipicu meningkatnya pertikaian perdagangan antara China dan AS. Termasuk, masih berlangsungnya unjuk rasa massal di Hong Kong.

Presiden AS Donald Trump sendiri telah mendesak semua pihak untuk tenang dan mengklaim bahwa pemerintah China telah memindahkan pasukan ke perbatasan Hong Kong.

"Situasi di Hong Kong rumit," ujar Trump, sembari menambahkan bahwa ia berharap itu (unjuk rasa) akan berhasil untuk semua orang, tanpa ada yang terluka maupun terbunuh. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA