Kolombia Khawatir Pengungsi Venezuela Melonjak Pasca Embargo AS

Rabu, 14 Agustus 2019, 11:35 WIB | Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Perbatasan Kolombia/Net

Belum dua pekan Presiden AS Donald Trump memberlakukan sanksi embargo ke Venezuela, Kolombia sudah memberi peringatan “menutup pintu” terhadap potensi pengungsi Venezuela ke negaranya.

"Ada ketakutan akan dampak sanksi baru pemerintah AS terhadap kehidupan di Venezuela," ujar Direktur Komite Penyelamatan Internasional Kolombia, Marianne Menjivar, sebagaimana dikutip Al Jazeera, Rabu (14/8).

Menjivar mengatakan, sejak pertengahan pekan lalu dan akhir pekan, pihaknya telah melihat semakin banyak pengungsi Venezuela yang menyebrang. Bahkan tercatat sudah ada 1,4 juta pengungsi yang bersiap diperbatasan kedua negara ini.

Menurutnya, lonjakan pengungsi Venezuela juga akan dirasakan di Ekuador. Ekuador sendiri akan memberlakukan pembatasan imigrasi pada tanggal 25 Agustus mendatang, yang memungkinkan para pengungsi Venezuela akan terburu-buru mendapatkan tempat di Ekuador.

Pada Senin (5/8), Presiden Donald Trump telah memberlakukan embargo pada Venezuela sebagai tentangan terhadap pemerintahan Nicolas Maduro.

Akibat embargo ini, Venezuela yang sebelumnya memang sudah mengalami krisis seperti dihantam kembali yang membuat jutaan warganya “kabur”  dari negara tersebut.

Kolom Komentar


Video

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

Kamis, 08 Agustus 2019
Video

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Jumat, 09 Agustus 2019
Video

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Rabu, 14 Agustus 2019