Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sektor Pertanian Maju Pesat, Vietnam Bakal Butuh Jutaan SDM Terlatih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 14 Agustus 2019, 15:16 WIB
Sektor Pertanian Maju Pesat, Vietnam Bakal Butuh Jutaan SDM Terlatih
Pertanian Vietnam diprediksi bakal melesat dalam 10 tahun ke depan/Net
rmol news logo Pada 2030, Vietnam diperkirakan akan menjadi salah satu negara maju di dunia dalam bidang pertanian. Karena itu, Vietnam pun diprediksi akan butuh 5 hingga 6 juta pekerja terlatih untuk mendukung kemajuan tersebut.

Dalam 10 tahun ke depan, Vietnam diperkirakan akan memiliki sekitar 100 ribu perusahaan pertanian, 30 ribu koperasi, dan 70 ribu perkebunan. Angka tersebut meningkat karena adanya penerapan teknologi tinggi di bidang pertanian.

Menurut Direktur Departemen Koperasi dan Pembangunan Pedesaan Vietnam, Le Duc Thinh, pada satu dekade mendatang produksi pertanian, kehutanan, dan akuakultur diharuskan tumbuh sebesar 5 persen. Otomatis, jumlah pekerja yang dibutuhkan pun akan meningkat.

Lanjut Thinh, untuk proyek pelatihan bagi para calon pekerja akan diserahkan kepada pemerintah, sesuai dengan permintaan. Dalam hal ini, pelatihan diprioritaskan untuk sektor pertanian berteknologi tinggi, pertanian digital, dan usaha bisnis.

Dikutip dari Plenglish, pada Kongres Serikat Petani terakhir, Sekretaris Jenderal Partai Komunis dan Presiden Vietnam, Nguyen Phu Trong, mengatakan bahwa pertanian dan penduduk adalah dua faktor strategis dalam pengembangan dan keamanan Vietnam.

Saat ini 1 dari 3 orang Vietnam bekerja di bidang pertanian dan memberikan kontribusi terhadap PDB sebesar hampir 8 persen. Jumlah ini diharapkan dapat meningkat apabila dilakukan modernisasi serta pengaturan ulang yang baik. rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA