Foto Satelit Tunjukkan Ratusan Kendaraan Lapis Baja China Dikerahkan Di Kota Perbatasan Hong Kong

Kamis, 15 Agustus 2019, 06:38 WIB
Laporan: Amelia Fitriani

Foto satelit tunjukan kendaraan lapis baja di stadion/The Guardian

Foto-foto satelit menunjukkan bahwa China tampaknya memperkuat persenjataan di kota perbatasan dekat Hong Kong, Shenzhen.

Foto-foto yang dikumpulkan awal pekan ini oleh Maxar WorldView menunjukkan apa yang tampak sebagai pengangkut personel lapis baja dan kendaraan lain milik paramiliter Polisi Bersenjata Rakyat China yang diparkir di sebuah stadion olahraga di kota Shenzhen.

Foto-foto itu juga menunjukkan lebih dari 100 kendaraan berada di dalam dan di sekitar stadion sepak bola di pusat olahraga Teluk Shenzhen, tepat di seberang pelabuhan Hong Kong yang saat ini diguncang oleh lebih dari dua bulan demonstrasi jalanan.

Media pemerintah China, seperti dimuat ulang The Guardian (Rabu, 14/8), hanya mengatakan bahwa latihan-latihan Shenzhen telah direncanakan sebelumnya dan tidak secara langsung berkaitan dengan kerusuhan di Hong Kong.

Meski begitu, waktu kedatangan kemdaraan tempur itu dilakukan tidak lama setelah pemerintah China mengatakan ada bibit terorisme dalam gelombang aksi unjuk rasa di Hong Kong.

Sementara itu, sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah menulos di Twitter bahwa intelijen Amerika Serikat percaya bahwa pemerintah China telah memindahkan pasukan ke perbatasannya dengan Hong Kong.

"Semua orang harus tenang dan aman!" tulis Trump.

Kolom Komentar


Video

Penyebab Mahasiswa Unissula Meninggal Saat Diksar Mapala

Rabu, 04 Desember 2019
Video

Detik-detik Petugas BPBD Demak Evakuasi Sarang Tawon Vespa

Rabu, 04 Desember 2019
Video

Terlibat Penyelundupan Harley Davidson, Direktur Utama Garuda Dicopot Paksa

Kamis, 05 Desember 2019