Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Trump Ingin "Rebut" Greenland Dari Denmark, Dalam Rangka Apa?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 16 Agustus 2019, 16:21 WIB
Trump Ingin "Rebut" Greenland Dari Denmark, Dalam Rangka Apa?
Greenland kini jadi incaran baru Donald Trump/Net
rmol news logo Bukan Donald Trump kalau tidak membuat kontroversi. Tak tanggung-tanggung, kali ini Presiden Amerika Serikat itu menuai perhatian publik karena ketertarikannya untuk membeli Greenland dari Kerajaan Denmark.

Menurut Wall Street Journal, Trump menyatakan minatnya untuk membeli pulau dengan luas lebih dari 2 juta km persegi tersebut. Bahkan telah meminta bawahannya untuk melakukan eksplorasi.
 
Niat Trump ini jelas kemudian memicu kontroversi di media sosial. Bahkan beberapa di antara komentar coba mencari harga yang tepat untuk sebuah pulau seperti Greenland yang selalu diselimuti salju sepanjang tahun itu.

Ternyata, bukan hanya Trump yang mempunyai ide fantastis ini. Sebelumnya pada 1946, Presiden AS Harry Truman juga mempunyai ketertarikan yang sama. Bahkan Truman sudah mencoba menyodorkan 100 juta dolar AS untuk mendapatkan Greenland dari Kerajaan Denmark. Tawaran ini jelas ditolak Denmark.

Diketahui, militer AS sendiri sudah memiliki Pangkalan Udara utama di barat laut Greenland. Pangkalan dengan 600 personel ini sangat penting untuk mengelola sistem radar global negara itu.

Untuk mewujudkan keinginannya, Trump berencana melakukan negosiasi langsung dalam kunjungan resminya ke Denmark bulan depan. Trump disebut akan membahas niatnya itu saat jamuan makan malam.

Sementara menurut The Guardian, saat ini pihak Denmark di Washington belum memberikan tanggapan.
Mengingat semakin pentingnya wilayah Arktik, sepertinya niat Trump memang cukup logis. Bahkan Rusia beberapa tahun lalu pernah mengirim robot selam ke Kutub Utara karena diyakini menyimpan harta karun sumber daya alam dunia.

Greenland yang berada di utara Bumi ini berpenduduk tidak lebih dari 60 ribu jiwa. Dengan luas wilayah lebih dari 2 juta km persegi, Greenland pun disebut sebagai pulau terbesar di dunia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA