Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peluncuran Rudal, Bukti Korut Tegas Tolak Latihan Gabungan AS-Korsel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 16 Agustus 2019, 22:49 WIB
Peluncuran Rudal, Bukti Korut Tegas Tolak Latihan Gabungan AS-Korsel
Rudal/Net
rmol news logo Korea Utara menembakkan dua rudal jarak pendek ke laut pada Jumat (Jumat, 16/8).

Di hari yang sama, Korea Utara juga mengeluarkan pernyataan pedas terhadap seruan dialog dari Presiden Korea Selatan Moon Jae In. Korea Utara menolak pembicaraan damai lebih lanjut dengan negara tetangganya itu.

Komite Pyongyang untuk Reunifikasi Damai Negara mengeluarkan pernyataan tegas bahwa pihaknya menolak menggelar pembicaraan damai lebih lanjut dari Korea Selatan karena menilai bahwa Korea Selatan membawa kebuntuan pada kesepakatan yang sebelumnya telah dijalin, yakni deklarasi Panmunjon.

"Kami tidak memiliki apa-apa untuk dibicarakan lagi dengan pihak berwenang Korea Selatan atau tidak punya ide untuk duduk bersama mereka lagi," begitu bunyi pernyataan tersebut seperti dimuat Al Jazeera.

Tidak lama setelah pernyataan itu dikeluarkan, Korea Selatan mengeluarkan pernyataan bahwa negara tetangganya melepaskan rudal jarak pendek dari dekat kota Tongchon, provinsi Kangwon ke Laut Timur, yang juga dikenal sebagai Laut Jepang.

"Militer sedang memantau situasi jika ada peluncuran tambahan sambil mempertahankan postur kesiapan," kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS).

Itu adalah peluncuran rudal keenam yang dilakukan Korea Utara sejak bulan lalu. Sebelumnya, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menegaskan bahwa peluncuran itu adalah peringatan serius atas latihan militer gabungan Amerika Serikat dan Korea Selatan yang dimulai awal bulan ini.

Bagi Korea Utara, latihan gabungan tersebut adalah bentuk latihan perang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA