Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pesan Untuk Trump: Greenland Tidak Untuk Dijual

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 16 Agustus 2019, 23:59 WIB
Pesan Untuk Trump: Greenland Tidak Untuk Dijual
Greenland/Net
rmol news logo Pemerintah Greenland membatah anggapan bahwa wilayah tersebut mungkin akan dijual. Anggapan itu muncul setelah ada laporan bahwa Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah secara pribadi mendiskusikan dengan penasihatnya soal gagasan untuk membeli pulau terbesar di dunia itu.

"Kami terbuka untuk bisnis, tetapi kami tidak untuk dijual," begitu penegasan Menteri Luar Negeri Greenland, Ane Lone Bagger seperti dimuat Reuters (Jumat, 16/8).

Trump sendiri diketahui akan mengunjungi Kopenhagen, Denmark pada bulan September mendatang. Salah satu agenda pembahasan yang dibawa Trump adalah soal Greenland yang merupakan wilayah otonomi Denmark.

Desas-desus soal pembelian Greenland pertama kali dilaporkan oleh Wall Street Journal pekan ini dengan merujuk pada dua sumber yang dekat dengan informasi tersebut.

Gagasan soal pembelian Greenland itu sempat ditertawakan oleh beberapa penasihat karena dianggap sebagai lelucon. Sejumlah pejabat di Denmark pun menertawakan rencana itu.

"Itu pasti lelucon April Mop. Benar-benar keluar dari musim," kata mantan perdana menteri Denmark Lars Lokke Rasmussen di Twitter.

"Jika dia benar-benar merenungkan hal ini, maka ini adalah bukti terakhir, bahwa dia sudah gila," kaya jurubicara urusan luar negeri untuk Partai Rakyat Denmark, Soren Espersen.

Greenland sendiri diketahui merupakan wilayah yang memerintah sendiri dari Denmark dan terletak di antara Atlantik Utara dan samudra Arktik. Wilayah ini bergantung pada dukungan ekonomi Denmark.

Greenland menangani urusan dalam negerinya sendiri sementara Kopenhagen menjaga pertahanan dan kebijakan luar negeri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA