Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bangga, Sang Merah Putih Gagah Berkibar Di Langit Tiongkok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Sabtu, 17 Agustus 2019, 22:20 WIB
Bangga, Sang Merah Putih Gagah Berkibar Di Langit Tiongkok
Prosesi pengibaran sang saka mera putih di halaman KBRI Beijing/Istimewa
rmol news logo Langit Tiongkok cerah berawan. Tepat pukul 9.00 pagi teks Proklamasi bergema di KBRI Beijing sebagaimana 74 tahun yang lalu ketika Presiden Soekarno memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

KBRI Beijing melaporkan, sembilan orang anggota Paskibra KBRI Beijing mengibarkan sang merah putih saat di langit Beijing cerah. Dipimpin langsung oleh Duta Besar RI selaku Inspektur Upacara, prosesi pengibaran bendera peringatan ke-74 Tahun Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia pun diselenggarakan dengan sangat khidmat.

Lantunan lagu Rayuan Pulau Kelapa dan Maju Tak Gentar oleh Tim Aubade KBRI Beijing, turut dinyanyikan dengan lantang dan penuh semangat oleh segenap masyarakat Indonesia yang ikut serta dalam upacara. Anggota Paskibraka dan Tim Aubade KBRI Beijing terdiri dari 12 orang mahasiswa Indonesia yang kuliah di Tiongkok. Mereka berlatih dengan penuh semangat kedisiplinan dan kerja keras.

Seusai upacara, tarian Gemu Famire, Poco-poco dan Tobelo dipimpin oleh DWP dan staf KBRI Beijing serta masyarakat di lapangan upacara, semakin menambah kehangatan suasana. Pesta rakyat mengusung panggung "Gempita Merdeka 74" sukses memeriahkan suasana HUT ke-74 RI  di Beijing.

Tak lupa pula permainan tradisional khas tujuh belasan menambah kemeriahan. Para pengunjung baik anak-anak maupun dewasa, antusias mengikuti berbagai lomba seperti lomba balap karung, helm air, estafet tepung, dll.

Puncak kemeriahan terasa ketika diisi dengan berbagai penampilan seni dari para musisi Indonesia, mahasiswa Indonesia dan Band KBRI Beijing yang baru terbentuk. Pagelaran seni ditampilkan mulai, lagu nasional, lagu daerah, lagu top forty hingga penampilan tari. Pertunjukan angklung dari Diaspora Indonesia dan grup Huaqiao (Tionghoa Perantauan) sukses mencuri perhatian sekitar lebih dari 600 orang pengunjung. 

Yang tak kalah menariknya, di sela-sela penampilan para pengisi acara juga dilakukan penarikan puluhan doorprize baik untuk dewasa maupun anak-anak. Sepeda lipat, alat elektronik, handphone, tas, jam tangan dan puluhan hadiah lainnya menambah semarak pesta HUT RI hari ini.

Tak ketinggalan, para hadirin juga menikmati berbagai masakan khas Indonesia untuk mengobati kerinduan kepada kuliner tanah air, seperti rendang, nasi goreng, mie goreng, dll.

Suasana Gempita Merdeka semakin semarak saat musik dangdut khas tanah air dibawakan oleh artis kondang yang didatangkan langsung dari Indonesia. Lagu Hits Dangdut tanah air seperti Meraih Bintang, Goyang Dumang, Sayang, dll sontak membuat para hadirin naik ke atas panggung dan menggoyang panggung Gempita Merdeka KBRI Beijing.

Di penghujung acara, lima orang yang beruntung membawa pulang masing-masing lima tiket perjalanan Beijing - Jakarta/Bali (pulang pergi), dan menutup kemeriahan HUT ke-74 RI  dengan Gemu Famire dan Poco-poco.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA