Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di KBRI Budapest, Pesta Rakyat Digelar Usai Upacara Kemerdekaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 19 Agustus 2019, 02:20 WIB
Di KBRI Budapest, Pesta Rakyat Digelar Usai Upacara Kemerdekaan
Pesta rakyat di Budapest/Net
rmol news logo Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI di Budapest, Hongaria tidak kalah meriah dari di tanah air. Tidak hanya upacara kemerdekaan yang digelar, melainkan turut dimeriahkan dengan pesta rakyat.

Pada Sabtu (17/8), ratusan masyarakat telah memenuhi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Budapest sejak pukul 09.00 waktu setempat. Mereka mengenakan pakaian daerah dari seluruh penjuru Indonesia.

Penggunaan pakaian ada sesuai dengan arahan Dubes RI untuk Hongaria, A.H. Dimas Wahab. Menurutnya, dengan menggunakan pakaian daerah diharapkan akan dapat memupuk semangat persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia yang berada di Hongaria.

“Semua WNI yang berada di Hongaria merupakan Duta Bangsa. Dengan demikian harus dapat menjaga martabat dan citra diri sebagai bangsa Indonesia,” tegasnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (18/8).

Tidak hanya masyarakat yang menjadi peserta upacara, petugas upacara dalam melaksanakan kewajibannya juga menggunakan pakaian daerah yang melambangkan Bhinneka Tunggal Ika.

Tim Sanggar Kinanthi dan SMA PU Al Bayaan yang datang langsung dari Jakarta juga turut berpartisipasi dalam kegiatan Upacara Penaikan Bendera.

Sebanyak 35 (tiga puluh lima) delegasi yang akan tampil di Kecskemet, Hongaria pada 18 hingga 21 Agustus 2019 dihadirkan sebagai tim paduan suara.

Tidak hanya itu, usai Upacara bendera, acara dilanjutkan dengan pesta rakyat. Acara ini menampilkan berbagai penampilan budaya di antaranya penampilan gamelan Jawa, berbagai tarian daerah seperti Tari Kecak dan Sama, hingga berbagai penampilan daerah dari masyarakat Indonesia.

Tidak hanya itu, suguhan asli Indonesia juga menjadi sajian dalam acara ini. Pesta rakyat yang sangat meriah berlangsung dari pukul 11.00 hingga 17.00.

“ini baru namanya pesta rakyat! Semua ikut berpartisipasi! Seru-seru bersama,” ujar Vera yang sudah menjadi permanent resident di Hongaria ketika seluruh masyarakat berdiri dan maju ke depan panggung menari bersama. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA