Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Check-In Di Terminal 3 Sempat Bermasalah, Sekarang Sudah Normal Seperti Sebelumnya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Jumat, 23 Agustus 2019, 09:12 WIB
Check-In Di Terminal 3 Sempat Bermasalah, Sekarang Sudah Normal Seperti Sebelumnya
Foto: Istimewa
rmol news logo Sistem check-in untuk tiga penerbangan internasional di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sempat down pada Jumat dinihari (23/8). Kurang dari dua jam, sistem kembali normal.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
ZonaTerbang.Id melaporkan, sistem IT T-3 mulai bermasalah sekitar pukul 3.00 WIB, membuat antrean begitu panjang di check-in counter.

Petugas-petugas yang ditanyakan oleh calon penumpang membenarkan dan mengatakan sistem IT down di seluruh T-3.

Direktur Operasional Angkasa Pura II Daan Achmad yang dihubungi ZonaTerbang.Id juga membenarkan kejadian itu. Menurutnya, sistem IT kembali berfungsi normal sekitar pukul 4.15 WIB.

Sementara dalam keterangan resmi yang dirilis PT Angkasa Pura II disebutkan bahwa yang bermasalah adalah sistem check-in di Terminal 3 untuk tiga penerbangan internasional. Gangguan terjadi pada pukul 3.30 WIB dan kembali berfungsi normal pada 4.50 WIB.

Adapun sistem check-in seluruh penerbangan rute domestik tetap aman dan berfungsi normal.

“Sistem check-in down hanya pada tiga penerbangan internasional,  tim Angkasa Pura II langsung mengidentifikasi masalah dan berkoordinasi dengan pihak terkait sehingga dalam waktu cepat kondisi kembali normal. Sistem check-in seluruh penerbangan domestik aman,” ujar Ph. SVP of Corporate Secretary & Legal AP II Achmad Rifai.

Achmad Rifai mengatakan Terminal 3 juga memiliki sistem teknologi informasi yang dapat melakukan fast recovery sebagai kontingensi apabila terdapat gangguan, sehingga gangguan sistem check-in pada 3 penerbangan hari ini dapat cepat berfungsi normal kembali.

Saat ini seluruh sistem check-in sudah berfungsi penuh dan secara umum penerbangan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak terganggu. Begitu juga dengan penerbangan di Terminal 1 dan 2 yang beroperasi normal.

KLIA Malaysia Masih Bermasalah


ZonaTerbang.Id juga melaporkan hal yang kurang lebih sama di bandara negeri jiran, Malaysia, Kuala Lumpur International Airport (KLIA).

Dari kemarin hingga hari ini, kegagalan sistem IT itu belum bisa diatasi, sehingga untuk sementara KLIA mengandalkan sistem manual.

Business Insider yang mengutip laporan dalon penumpang di berbagai platform media sosial mengatakan kegagalan IT di KLIA terjadi pada pada sistem information display, WiFi, juga sistem chek-in penumpang.

Sementara The Star menambahkan, beberapa pertokoan di dalam badnara juga mengalami persoalan dengan sistem pembayaran berbasis kartu.

Malaysia Airports yang mengelola KLIA hari ini, Jumat (23/8) menjelaskan bahwa pada pukul 6.00 pagi waktu setempat KLIA masih mengalami persoalan dengan sistem IT dan sekarang sedang dalam tahap stabilisasi.

Untuk membantu calon penumpang yang terancam ketinggalan pesawat, KLIA menambah sejumlah fasilitas termasuk semua 38 remote bays di terminal utama dan empat bus.

Pihak bandara juga merasa perlu membebaskan biaya parkir dari jam 6.00 pagi ini sampai 23.00 malam nanti.

Di dalam keterangan yang diperoleh redaksi, Malaysia Airports menyesalkan kegagalan sistem IT ini dan menyarankan semua calon penumpang untuk tiba di bandara setidaknya empat jam sebelum penerbangan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA